Tuesday, June 5, 2012

Tahukah Anda - Topi Koboi Stetson Melegenda Sejak 1865

TOPI yang biasa dipakai para cowboy dalam film-film Western, begitu melegenda, tidak hanya di tanah kelahirannya, Amerika tapi di seluruh dunia. Topi koboi ini telah berusia lebih dari 145 tahun. Model topi ini sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja oleh John Batterson Stetson yang lahir di Orange, New Jersey pada 1830, saat bekerja di pertambangan emas di Colorado. Stetson membuat topinya dari bahan dasar bulu, karena selain kuat juga mudah untuk dibentuk sesuai model yang diinginkan.
Awalnya, bentuk topi Stetson dianggap aneh atau tidak lazim, bahkan kerap jadikan bahan lawakan oleh koleganya. Namun lambat laun topi yang dikenal dengan nama The Real Stetson Hat tersebut membuktikan bahwa keberadaannya sangat berguna. Sisinya yang lebar berfungsi menahan air hujan dan cuaca panas. Topi ini pun sejuk karena terdapat kantong udara pada ujung atas topi. Bahkan bagian kepala dari topi dapat difungsikan untuk mengambil air minum.
Koboi pertama yang menggunakan topi Stetson menebusnya seharga US$5 dalam bentuk emas saat bertemu dalam suatu perjalanan. Tahun 1865, Stetson memutuskan menetap di Philadelphia, Pennsylvania. Stetson kemudian mendirikan rumah produksi topi outdoor dengan model cowboy hat yang ditemukannya. Model pertamanya resmi dinamakan Boss of The Plains. Pada 1886, perusahaan topi Stetson telah menjadi yang terbesar di dunia dan pada 1906 telah memproduksi 2 juta topi koboi. Sampai saat ini model dasar dan cara pembuatan topi koboi Stetson tidak berubah banyak sejak pertama kali diproduksi pada 1865. (*)


No comments: