Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Piranha Habiskan Bison dalam 30 Menit

GIGI merupakan bagian tubuh yang paling penting khususnya bagi hewan pemakan daging. Hewan-hewan jenis karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan daging dan tumbuhan), rata-rata memiliki gigi yang kuat dan tajam. Tahukah Anda, hewan apa yang memiliki gigi paling tajam? Ia adalah ikan kecil bernama piranha. Ikan ini mempunyai banyak gigi depan sangat tajam yang tersambung dalam satu rangkaian. Ikan piranha mampu mengindera lawannya dari gerakan dan riak air serta bau. Indera tersebut bernama lateral line system.
Piranha ini pun merupakan ikan air tawar paling agresif dan mematikan. Mereka cuma membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk menghabiskan seekor bangau. Sedangkan jika berkoloni, kelompok ikan ini hanya butuh 30 menit untuk mengoyak seekor bison, hingga tersisa tulang belulangnya saja.
Dari sekian banyak jenis ikan piranha, yang paling berbahaya adalah jenis Serrasalmus dan Pygocentrus yang terdapat di sungai-sungai besar di wilayah Amerika Selatan, seperti Amazon. Piranha umumnya memiliki perut berwarna merah bercampur oranye. Ikan ini bisa mencapai ukuran 33 cm dengan berat 3,5 kg. Salah satu spesies ikan yang memiliki bentuk fisik serupa dengan piranha yaitu ikan bawal dan memang masih berkeluarga dekat. (*)


No comments: