Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Kelebihan Mata Tupai

MATA mempunyai fungsi vital bagi makhluk hidup, termasuk binatang yang digunakan untuk mempertahankan hidupnya. Setiap hewan memiliki karakter mata yang berbeda-beda dengan kelemahan dan kelebihannya. Salah satu hewan yang mempunyai mata istimewa adalah tupai.
Hewan yang juga disebut bajing tersebut mempunyai mata yang tajam, yang bisa melihat dalam kondisi cahaya redup bahkan mendekati kegelapan.
Mata tupai terdapat di kedua sisi kepalanya, dan berada pada kedua pipi-pipinya yang bentuknya melandai ke depan dan menyerupai kerucut. Dengan demikian, ia memiliki pandangan yang tajam ke arah depan. Karena letak matanya cukup dekat dengan pangkal kepala, membuat tupai bisa melihat melalui punggungnya apakah ada yang mengejar, sekalipun sambil lari atau memanjat pohon.
Saat berlari di atas tanah, tupai pun masih bisa melihat ke atas untuk mengawasi apakah ada burung elang yang mengejarnya. Tapi selain kelebihan yang dimilikinya, tupai mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa melihat dengan mudah ke arah samping. (*)


No comments: