Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Tiap Orang Punya Bentuk Lidah Berbeda

DALAM penyelidikan suatu kasus kejahatan, polisi biasanya melakukan identifikasi melalui sidik jari. Karena dipastikan tidak ada satu orang pun di dunia ini yang memiliki sidik jari dengan pola sama. Namun sebenarnya ada satu lagi organ tubuh yang pasti berbeda setiap orang, yakni lidah. Selain sidik jari, lidah kita juga mempunyai pattern unik yang tidak dimiliki orang lain. Jadi, cetakan atau bentuk lidah kita tidak akan sama dengan siapapun.

Selain dipastikan berbeda, lidah adalah organ yang unik. Dalam lidah terdapat bentuk geometrik yang berisikan informasi dan juga tekstur unik yang sangat berguna dalam proses identifikasi orang, sama seperti yang didapat dalam sidik jari. Jadi selain menggunakan sidik jari, identifikasi lidah bisa menjadi alternatif bagi pengungkapan identitas seseorang.

Otot lidah juga merupakan otot yang paling kuat yang dimiliki tubuh kita. Otot lidah merupakan otot yang terdiri dari 16 otot-otot penyusun lain. Berdasarkan kinerja kelompok-kelompok otot dan ukuran yang terbilang kecil, serta banyaknya pekerjaan, membuat otot lidah merupakan otot terkuat dalam hal fleksibilitas. Kombinasi elastisitasnya memberi kita kemampuan berbicara, makan, dan mencium. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 9 Mei 2012

No comments: