Sunday, June 10, 2012

Resensi Buku - Jadi Penulis? Siapa Takut!

ANDA ingin jadi penulis? Mau menulis apa? Fiksi (cerpen, novel, drama, puisi) atau nonfiksi (berita, kritik, esai, kolom)? Mungkin buku ini bisa menjabarkan banyak hal bagi Anda dalam menemukan jawaban pertanyaan di atas untuk selanjutnya Anda berkeinsyafan dan berkeyakinan ingin menjadi penulis atau ingin memperdalam wawasan yang berhubungan dengan kepenulisan.

Buku dengan judul Jadi Penulis? Siapa Takut! yang diterbitkan oleh Penerbit Kaifa ini merupakan hasil karya Alif Danya Munsyi alias Remy Sylado, nama samaran dari Yapi Tambayong —wartawan penerima Tirto Adhi Soerjo Award (2008), Kartu Pers Nomer Satu, dan Press Card Number One (Hari Pers Nasional 2010). Dia juga seorang penggiat seni yang melahirkan banyak karya masterpiece di bidang sastra, musik, teater, dan tetap aktif hingga saat ini.

Dalam buku setebal 270 halaman ini, Juliana C Panda –nama samaran lain penulis, memberikan pemahaman kepada pembacanya bahwa membuat karya tulis, baik nonfiksi maupun lebih-lebih fiksi, sekali lagi jangan lupa Anda bukan orang lain, karena sikap batin Anda yang ditentukan oleh kerja alat driya yang tidak mungkin sama itu, otomatis berbeda pula pada kodrat keinsaniannya. Pegangannya: kamu adalah kamu, kalian adalah kalian, dia adalah dia, mereka adalah mereka, dan akhirnya aku adalah aku.

Sungguhpun begitu, bahwa melalui orang lain Anda belajar dari membaca karya mereka, itu harus dipelihara dalam keinsyafan, ‘membaca adalah belajar’. Dari karya orang lain itulah Anda dirangsang untuk mula-mula ingin lantas kemudian mau –jadi dari keinginan sampai berlanjut kemauan— melakukan kerja menulis sampai akhirnya menjadi penulis. Anda terangsang untuk menjadi penulis karena Anda membaca tulisan orang lain itu.

Ketika membaca tulisan orang lain yang Anda ditemukan di koran, majalah, maupun buku, mula-mula Anda terkesan dan tertarik pada cara mereka yang pandai memilih kata-kata dalam kalimat, dan membagikan pengetahuan kepada Anda, membuat Anda mengetahui banyak hal yang belum Anda ketahui.

Dengan gaya yang unik dan mengasyikkan, Alif Danya Munsyi menjabarkan banyak hal bagi Anda yang ingin menjadi penulis atau ingin memperdalam wawasan yang berhubungan dengan kepenulisan.

Tak hanya tips dan trik menulis, Alif juga menulis tentang pentingnya membaca, bakat, kemauan belajar, proses kreatif, sejarah tulis-menulis, sejarah sastra, pengaruh gaya dan visi kepenulisan, dan banyak lagi. Ini buku yang sangat lengkap bagi Anda yang ingin menyelam dalam dunia kepenulisan!

Jadi, jangan hanya memilih salah satu (penulis fiksi dan nonfiksi). Malahan, Anda disarankan untuk melakukan semuanya.

Judul : Jadi Penulis? Siapa Takut!
Penulis : Alif Danya Munsyi
Penerbit : Kaifa, PT Mizan Pustaka
Cetakan : Maret 2012
Halaman : 270 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 15,5 x 23,5 cm
Kategori : Bahasa 

Harga : Rp49.000   Rp41.650

Bandung, 9 Juni 2012
Suro prapanca
Dimuat di INILAHKORAN, Minggu 10 Juni 2012

No comments: