Tuesday, June 5, 2012

Kambing di Maroko Pandai Panjat Pohon

KAMBING, seperti yang hidup di sejumlah wilayah Indonesia, biasanya hanya mencari makanan di atas tanah, berupa rerumputan atau semak belukar. Namun di Maroko, lain lagi. Kambing-kambing tersebut nekat memanjat pohon untuk memakan buah dari pohon argan yang merupai buah zaitun.
Keahlian memanjat pohon tersebut tak lepas dari tuntutan bertahan hidup, layaknya hewan-hewan yang berevolusi dari zaman ke zaman. Soalnya di Maroko, rumput sangat minim sehingga kambing-kambing tersebut menggunakan semua cara untuk bertahan hidup, termasuk memanjat pohon untuk menemukan makanan. Hingga akhirnya, kambing-kambing Maroko ini menjadi sangat cekatan saat menaiki dan meloncat dari satu ranting ke ranting lainnya.
Argan sendiri biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak argan dan bahan kosmetik lainnya. Karena itu, para petani setempat sering mengikuti ke mana kawanan kambing ini pergi dari pohon satu ke pohon lainnya, untuk mengumpulkan biji buah argan yang tidak ikut dimakan kambing.
Menurut para ahli, kejadian ini karena seleksi alam. Keadaan alam yang kurang mendukung, tidak tersedianya rumput di tanah, memaksa kambing untuk memanjat pohon dan menemukan makanannya sendiri. Fenomena ini menunjukkan bahwa kambing sebagai binatang yang memiliki naluri untuk tetap bertahan hidup. Ini menunjukkan bahwa sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. (*)

No comments: