Tuesday, June 5, 2012

Manusia dan Kucing Bersahabat Sejak 6.000 SM

KUCING dikenal sebagai hewan peliharaan yang paling disukai dan terpopuler di dunia. Itu tidak lepas dari sejarah berbaurnya manusia dan kucing yang diyakini telah terjadi sejak 6.000 tahun SM. Hal ini dibuktikan dengan penemuan kerangka kucing di Shillourokambos, Pulau Siprus. Kerangka kucing yang ditemukan di Siprus ini mirip spesies kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing rumahan saat ini.
Sejak 3.500 SM, Mesir Kuno telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen. Pada 1.800-an, ditemukan suatu kuburan atau tepatnya ‘situs’ berisikan 300.000 mumi kucing dalam keadaan masih utuh, yang menandakan dahulu kucing memang suatu hewan yang spesial. Orang Mesir kuno menganggap kucing sebagai penjelmaan Dewi Bast, juga dikenal sebagai Bastet atau Thet. Hukuman untuk membunuh kucing adalah mati, dan jika ada kucing yang mati kadang dimumikan seperti halnya manusia.
Di Asia, kucing termasuk ke dalam salah satu zodiak Vietnam.Menurut legenda, ketika Raja Langit mengadakan pesta untuk hewan yang akan dipilih menjadi zodiak, dia mengutus tikus untuk mengundang hewan-hewan yang telah dipilihnya. (*)

No comments: