Thursday, June 7, 2012

Resensi Buku - Don’t Try This at Home

Kumpulan Kisah Konyol Berujung Maut

Allan adalah seorang perokok berat. Meski sudah tahu dampak buruknya bagi kesehatan, dia tidak bisa berhenti merokok. Kapan pun dan di mana pun, Allan berusaha menyempatkan diri untuk merokok.

Suatu malam sehabis pulang bekerja, Allan merebahkan badannya untuk beristirahat sambil menyalakan rokok. Namun sayang, saking lelahnya, dia tertidur dengan rokok yang masih menyala di tangan. Akibatnya bisa diduga, rokoknya terlepas dan membakar rumahnya. Dia pun mengalami luka bakar serius sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Kisahnya tidak berhenti di sini. Ketika dirawat, kebiasaannya merokok kembali kambuh. Meski dibalut perban, dia berusaha untuk menghisap rokok yang diselundupkan kekasihnya. Dengan senang, dia pun berusaha merokok, meski harus menggunakan kursi roda lengkap dengan tabung oksigennya.

Malapetaka pun terjadi. Abu rokok yang jatuh di tubuhnya mulai membakar perban yang melilit tubuhnya. Dia pun panik dan berusaha mematikan api. Namun karena panik, kursi roda yang dia duduki melaju tak terkendali dan terguling. Tabung oksigen yang menempel pun meledak, dan sekali lagi membakar Allan. Kali ini, dia tidak selamat.

Kisah tragis Allan merupakan satu dari 101 kisah yang ada dalam buku berjudul Don’t Try This at Home: 101 Aksi Ceroboh yang Berujung Maut. Buku karya Ann Kelson ini menceritakan kisah-kisah konyol yang biasa dilakukan manusia, namun berujung maut. Ajal memang tidak bisa disangka, dan bisa datang tanpa diduga. Namun bukan hal bijaksana jika hal itu sengaja diundang, apalagi dengan cara-cara ceroboh seperti dalam buku ini.
Cerita yang ada di buku ini bisa menjadi peringatan bagi pembaca agar menjadi lebih waspada, termasuk ketika melakukan aksi konyol dan ceroboh. Bahwa jika tidak hati-hati, tindakan kecil apa pun dapat berujung maut. Setiap kisah dalam buku ini pun disertai dengan penjelasan dari para ahli. (hanhan husna)

Judul Buku : Don’t Try This at Home: 101 Aksi Ceroboh yang Berujung Maut
Penulis : Ann Kelso
Penyunting : Eka Mustamar
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Jumlah Halaman : 242 halaman
Dimensi : 17 cm x 24 cm

Harga : Rp39.500

Dikutip dari INILAHKORAN, Minggu 22 Januari 2012

No comments: