Thursday, June 7, 2012

Resensi Buku - Magic Memory for Muslim

Mengingat dengan Cepat dan Menyenangkan

BAGI sebagian orang, menghafal merupakan aktivitas yang membosankan. Padahal beberapa ilmu membutuhkan aktivitas ini untuk dapat dipahami dengan baik. Maka tak heran jika aktivitas menghafal tidak begitu disukai dan tidak menjadi budaya dalam mempelajari suatu ilmu. Akibatnya, alih-alih mengerti dan paham, justru apa yang dihafal tidak masuk ke otak.

Lemahnya budaya menghafal di kalangan umat Islam diduga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan masih tertinggalnya umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan dibandingkan umat lainnya. Prihatin dengan lemahnya budaya menghafal, terutama di kalangan umat muslim, menggugah Erwin Kurnia Wijaya untuk menyusun metode yang paling tepat dalam menghafal, terutama untuk menghafal Alquran dan hadis. Maka terciptalah metode yang dia sebut Magic Memory for Muslim. Teknik yang dirancangnya ditulis dalam buku berjudul Magic Memory for Muslim: Teknologi Mengingat Cepat, Mudah, dan Menyenangkan.

Meski menggunakan kata ‘magic’, jangan dulu berprasangka jika buku ini memuat teknik magis atau bernuansa sihir dan bertentangan dengan syariat Islam. Dalam buku ini, Erwin menjelaskan kata ‘magic’ merupakan sebuah tahapan penerapan teknik-teknik memori yang dia jelaskan dengan panjang lebar di dalam buku ini.

Erwin mengumpulkan berbagai teknik mengingat cepat, mudah dan menyenangkan, dan diaplikasikan untuk kebutuhan umat Islam dalam menghafal berbagai konsep agamanya. Seperti menghafal Asmaulhusna, Alquran, maupun hadis. Metode ini berbasis cara kerja otak kanan dan otak kiri yang dinamis sehingga menghasilkan cara yang lebih mudah. Teknik ini bisa diterapkan baik kepada anak-anak maupun orang dewasa, dan menjadi jembatan yang dapat mempercepat mewujudkan mimpi untuk dapat menghafal Alquran.

Metode Magic Memory didefinisikan sebagai suatu sistem tentang kode-kode memori yang dapat membuat seseorang menghafal dengan baik melalui cara yang mudah, cepat, dan menyenangkan serta dengan hasil ingatan yang nyaris sempurna. Dengan metode ini, Erwin menjamin apa yang dipelajari menjadi cepat ingat dan susah untuk dilupakan.

Buku ini terdiri dari empat bagian utama yang diawali dengan pembahasan mengenai teknik Magic Memory yang menjadi dasar untuk mengingat apapun. Lalu dilanjutkan dengan aplikasinya dalam mengingat asmaul husna yang di dalamnya terdapat berbagai kode memori dasar yang berguna untuk menghafal Alquran. Bagian akhir buku ini menjelaskan cara cepat menghafal suatu hadis dengan mudah.

Bagi pembaca yang sedang mengalami kesulitan dalam menghafal Alquran, buku setebal 360 halaman ini bisa menjadi pilihan untuk dipelajari. Selamat membaca. (hanhan husna)

Judul : Magic Memory for Muslim: Teknologi Mengingat Cepat, Mudah, dan Menyenangkan
Penulis : Erwin Kurnia Wijaya
Halaman : 360 halaman
Penerbit : Salamadani
Cetakan : I, Desember 2011

Harga : Rp65.000

Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 27 Mei 2012


No comments: