Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Gudang Emas Terbesar di Dunia

EMAS menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menjanjikan dari zaman ke zaman. Mengapa? karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Karena itu, banyak orang yang menyimpan emas sebagai investasi dan banyak negara yang menyimpannya sebagai cadangan devisa.

Nah, ada satu tempat yang seluruh ruangannya dipenuhi emas. Tempat ini merupakan gudang terbesar di dunia, Federal Reserve Bank of New York. Bank yang terletak di 33 Liberty Street, Manhattan, New York, Amerika Serikat, ini dibuka pada 16 November 1914. Di sana bisa Anda lihat emas yang jumlahnya tidak pernah dilihat seumur hidup Anda. Di bank tersebut diperkirakan terdapat 10% cadangan emas dunia atau 12.000 juta ton emas deposit. Jika diuangkan bisa mencapai US$270 miliar atau setara Rp2.430 triliun.

Selama periode 1950-1980, sebagian cadangan emas Amerika Serikat dipindah tangankan atau dijual kembali pada beberapa negara Eropa. Cadangan emas yang masih ada sekarang ini diperkirakan sekitar 12.000 ton yang dimiliki Amerika, diantaranya terdapat milik pemerintahan lebih dari 8000 ton.

Cadangan emas di tempat ini bukan hanya berasal dari Amerika Serikat, tetapi sebagian adalah merupakan titipan simpanan dari 36 negara lainnya. Tidak sembarangan orang bisa memasukinya apalagi mendokumentasikan apa yang ada di dalam vault tersebut. Ruang penyimpanan ini dibangun pada sebuah kedalaman sekitar 15 meter di bawah permukaan air laut. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 24 Mei 2012

No comments: