Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Katak Bisa Hidup Terkubur Bertahun-tahun

KATAK mempunyai kemampuan luar biasa dalam bertahan hidup. Selain bisa hidup di dua alam, salah satu jenis katak yakni katak bawah tanah ternyata bisa hidup bertahun-tahun dalam keadaan terkubur tanah tanpa makanan dan air. Menurut para ilmuwan, rahasia dari tidur panjang katak asal Meksiko ini adalah pada suatu sel bernama mitokondria. Lewat sebuah proses mitochondrial coupling, hewan luar biasa tersebut dapat memaksimalkan energi yang mereka punya untuk bertahan hidup dengan jalan meningkatkan jumlah total energi yang didapat per satu unit energi yang dikonsumsi. Dengan begitu, katak tersebut tidak akan pernah kehabisan energi.

Dengan kemampuan tersebut, program konservasi global bernama EDGE of Existence mengklasifikasikan amfibi dengan nama latin Cyclorana alboguttata ini sebagai hewan evolusioner dunia. Pasalnya, hewan ini hampir tidak memiliki hubungan kemiripan genetik dengan makhluk hidup apa pun di dunia. Temuan ini mungkin bisa diaplikasikan dalam dunia kesehatan manusia. Penemuan ini berpotensi mengobati sejumlah penyakit yang berhubungan dengan energi seperti obesitas.

Beberapa jenis katak juga memiliki keunikan yang cukup menakjubkan. Seperti katak transparan. Hyalinobatrachium pellucidum ini juga disebut sebagai katak kaca atau kristal karena dagingnya yang transparan. Jenis ini tidak baru, tapi yang pasti terancam punah, sehingga temuan ini menggembirakan bagi lingkungan. Ada juga kata ungu. The purple frog ini merupakan katak dari India yang hidup di lubang-lubang tanah, Katak ini memakan serangga yang ada bawah tanah dan biasanya musim kawin terjadi saat musim hujan. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 15 Mei 2012

No comments: