Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Jumlah Kaki Seribu Tak Sampai 1.000

HEWAN apa yang mempunyai paling banyak kaki? Jawabannya pasti sama, Kaki Seribu. Namun benarkah hewan kelas Diplopoda atau Luing ini mempunyai kaki berjumlah 1.000? Ternyata walaupun dinamakan Kaki Seribu, pada dasarnya hewan ini tidak benar-benar memiliki kaki yang berjumlah 1.000.

Para ilmuwan ada yang telah membuktikannya. Dari berbagai spesies, yang memiliki kaki paling banyak yaitu Illacme plenipes. Tapi jenis spesies ini pun hanya memiliki 750 kaki atau 350 pasang. Sedangkan spesies lainnya umumnya lebih sedikit, biasanya 100-300 kaki saja, bahkan ada yang hanya mencapai 20-200 kaki. Salah satunya, yang biasa kita temui, hanya mempunyai 92 pasang kaki atau total 184 kaki.

Hewan ini memang unik. Ia mampu mengoordinasikan ratusan kakinya itu untuk bergerak secara teratur membentuk sebuah gelombang yang indah ketika berjalan. Kaki Seribu yang merupakan kelas dari filum Anthropoda (kelompok hewan berkaki beruas-ruas) sudah ada sekitar 400 juta tahun lalu sehingga layak disebut hewan purba. Mereka sangat berpengaruh dalam rangkaian ekologi sehingga bisa dikatakan sebagai dekompuser.

Karena merupakan komponen utama perombak kayu dan dedaunan di lantai hutan, terutama di daerah tropika. Ciri yang paling umum, kelas Diplopoda ini memiliki dua pasang kaki pada tiap segmennya. Hal ini membedakan kelas lain yang kakinya juga banyak. Tubuh hewan Anthropoda terdiri atas beberapa bagian dan masing-masing bagian mempunyai kaki. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 29 Mei 2012