Thursday, June 7, 2012

Tahukah Anda - Orang Inggris, Pemilik Motor Pertama di Indonesia

SEPEDA motor atau biasa disebut motor saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Akibatnya, jumlahnya sangat banyak. Diperkirakan populasi motor di Indonesia ini telah mencapai 25 juta hingga 30 juta unit, dan jumlahnya terus bertambah setiap tahunnya dengan pertumbuhan sekitar 10-15%. Jumlah ini merupakan yang terbesar, setidaknya di Asia Tenggara. Tahukah Anda, siapa pemilik motor pertama di Indonesia.

Motor sendiri telah ada di Indonesia sejak 1893, atau 117 tahun lalu. Namun meski saat itu Indonesia masih dijajah Belanda, orang pertama yang memiliki motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris. Dia adalah John C Potter yang sehari-hari bekerja sebagai engineer pertama di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfmuller di Muenchen, Jerman. Motor tersebut merupakan jenis pertama yang ada di dunia, buatan tahun 1885. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia. Dengan demikian, Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang memiliki kendaraan bermotor.

Sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu, motor buatan Hildebrand und Wolfmüller masih sangat sederhana. Dengan kapasitas mesin 1.489cc, dua silinder, empat langkah, sepeda motor uap ini mampu lari hingga 45 km per jam. Namun untuk menyalakannya dibutuhkan waktu hingga 20 menit. Sepeda motor pertama di dunia ini dibuat oleh Heinrich dan Wilhelm Hidebrand yang merupakan insinyur mesin uap. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 2 Juni 2012

No comments: