Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Tokoh Piala Oscar, Paman Seorang Pustakawan

PIALA Oscar menjadi penghargaan yang paling diidam-idamkan para insan film di seluruh dunia. Patung emas berbentuk ksatria yang berdiri di atas gulungan film tersebut dianugerahkan setiap tahun dalam ajang Academy Awards sejak 1927 silam. Tahukah Anda, awal mula lahirnya nama Piala Oscar. Memang tidak ada penamaan resmi dari piala paling bergengsi di dunia perfilman internasional tersebut. Namun konon, nama Oscar diambil dari nama seorang petani kaya asal Texas yang kebetulan memiliki keponakan perempuan yang bekerja sebagai penjaga perpustakaan pada Academy of Motion Pictures Art and Science.
Pada awalnya, piala ini tidak mempunyai nama hanya disebut Piala Academy Award. Kisah yang mengubah sejarah tersebut terjadi pada 1931. Suatu hari, sang keponakan Oscar, sambil lalu mengatakan bahwa patung ksatria tersebut mirip pamannya. Ocehan tersebut terdengar oleh seorang wartawan surat kabar dan menerbitkan cerita tersebut bahwa “karyawan-karyawan memberi julukan patung terkenal itu dengan nama Oscar”. Sejak itulah, nama Oscar menjadi resmi dan terus digunakan hingga kini.
Saat didirikan pada 1927, anggota Academy hanya terdiri atas 36 orang. Waktu itu anggota Academy adalah para eksekutif dan bintang film terkenal, antara lain Douglas Fairbanks Senior, Bette Davis, Gregory Peck, Walter Mirisch, dan Karl Malden. (*)


No comments: