Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Sosok Wanita di Balik Lidah Api Tugu Monas

TUGU Monumen Nasional (Monas) pasti sudah tidak asing lagi, khususnya bagi warga Jakarta Satu bagian dari tugu ini yang menjadi pusat perhatian yakni lidah api atau obor di atasnya yang merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia.

Namun tahukah Anda, di balik nyala obor api yang terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan dilapisi 38 kg emas tersebut, terdapat sosok misterius seorang wanita. Di puncak monas dengan ketinggian 132 meter tersebut, relief sosok perempuan sedang duduk simpuh. Sosok wanita ini tepat menghadap ke Istana Presiden di Jalan Medan Merdeka Barat.

Relief seorang perempuan pada lidah api tersebut bukan gambar abstrak semata. Patung bersosok perempuan itu hanya bisa dilihat dari jarak tertentu dan sudut tertentu pula, yakni dari Istana Presiden. Apa tujuan pembuatan lidah api dengan sosok perempuan tersebut? tiada orang yang tahu persis. Beberapa orang beranggapan sosok itu dibuat karena Presiden Soekarno sangat menghormati perempuan. Atau sengaja dibuat agar setiap Presiden Indonesia bisa melihat sang Ratu atau Puteri atau Dewi ini. Atau agar setiap Presiden merasa diawasi oleh sosok wanita itu layaknya ibu kita, Ibu Negeri, Ibu Pertiwi. Anda tak percaya, silakan membuktikannya. Saat berada dekat Istana Presiden, coba alihkan pandangan ke arah monas. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 16 Mei 2012

No comments: