Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Tokoh Pelopor Internet

INTERNET sudah menjadi umum dan mudah, tetapi ada masa di saat internet menjadi sesuatu yang lemah, tidak begitu berpengaruh dan hanya segelintir orang yang bisa menggunakannya secara terbatas.
Orang-orang berikut adalah visioner, penemu, peneliti dan programmer di masa awal internet, bermimpi besar dalam merintis teknologi, juga program di balik semua alat operasi standar internet yang kita pakai hari ini.

1. Claude Shannon
Dikenal sebagai “bapak dari teori informasi modern”. Claude Shannon menerbitkan sebuah makalah yang berpengaruh pada tahun 1948, berjudul “Sebuah Teori Matematika Komunikasi”, yang memformalkan studi saluran komunikasi. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi, Shannon mengembangkan fondasi dasar Internet.
2.Paul Baran
Baran meneliti jaringan komunikasi survivable di RAND Corporation tahun 1959. Baran mengembangkan dan menggambarkan arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched.
3. Bob Taylor
Pada akhir tahun 1960, Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan jaringan komunikasi. Dia menulis sebuah makalah yang berpengaruh, “The Computer as a Communication Device,” (komputer sebagai alat komunikasi). Kata pria ini dunia akan segera dapat berkomunikasi dengan lebih efisien melalui komputer daripada tatap muka.
4. Douglas Engelbart
Dia mengembangkan pusat jaringan informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database daftar setiap website di Internet.
5. Larry Roberts
Dia memimpin pengembangan ARPANet. Dia juga mendirikan Telenet, paket-switched jaringan pertama penyedia dan prekursor untuk perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint dan merupakan bagian dari jaringan data mobile. (*)


No comments: