Sunday, June 3, 2012

Tahukah Anda - Pare, si Pahit yang Berkhasiat

RASANYA memang pahit. Namun, tahukah Anda banyak manfaat dari buah pare bagi kesehatan. Di antaranya berfungsi menurunkan gula darah. Satu khasiat yang sangat diperlukan bagi para penyandang penyakit gula atau diabetes. Zat yang terkandung dalam buah pare itu memiliki kemiripan dengan fungsi insulin. Diketahui, penderita diabetes umumnya mengalami kekurangan insulin. Zat itu penting bagi tubuh untuk menyebarkan glukosa yang menjadi energi di seluruh sel ke tubuh kita.
Tak hanya itu, protein dalam buah pare juga berguna untuk memecah glukosa untuk menjadi energi sehingga menurunkan kadar gula dalam darah. Di Jepang, beberapa riset menghasilkan kesimpulan yang menggemparkan dunia. Disebutkan, dalam pare itu terkandung zat aktif antikanker bernama lesichin. Kesimpulan itu diambil dari hasil riset yang membuktikan zat tersebut mampu melawan sel kanker pada penderita kanker. Selain itu, zat aktif itu pun berkhasiat sebagai pencegah agar tidak terkena kanker.
Khasiat lain, buah itu kaya akan serat, vitamin C, karoten, dan kalium. Kandungan serat berguna baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sedangkan, karoten dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan indera penglihatan layaknya wortel. Konon, bagi kaum hawa ternyata pare pun bermanfaat bagi kecantikan. (*)


No comments: