Tuesday, June 5, 2012

Tahukah Anda - Selama 6.000 Tahun, Dua Remaja Berpelukan

MASIH ingat kisah romantis karya William Shakespeare, Romeo dan Juliet? Ternyata sebelum kisah cinta dua insan tersebut, 5.000-6.000 tahun silam ditemukan cerita serupa yang bisa jadi mengilhami roman Romeo dan Juliet. Kisah itu tersingkap di balik penemuan arkeologi di Kota Valdaro Italia, yang merupakan satu negara dengan tempat kelahiran Romeo dan Juliet di Verona.
Sepasang kerangka remaja laki-laki dan perempuan zaman batu baru ditemukan dengan posisi saling berpelukan erat. Penemuan ini mengguncang semua orang yang melihatnya. Kerangka ini telah terkubur lebih kurang 5.000-6.000 tahun lamanya di bawah tanah! Berpelukan selama 5.000 tahun ini bukan saja mengguncang arkeolog, bahkan dunia.
Untuk mempertahankan gaya pelukan ini, ilmuwan belum memutuskan memisahkan potongan kerangka tersebut. Setelah kerangka itu dipindahkan, ilmuwan akan meneliti lebih lanjut terhadap sepasang kekasih yang saling berpelukan abadi ini. Selanjutnya, kerangka yang dinamakan Kekasih Valdaro tersebut disimpan di Museum Arkeologi Mantua Italia.
Ada indikasi bahwa kedua insan yang diperkirakan berusia 18-20 tahun ini bukan meninggal dalam kondisi saling berpelukan, melainkan dikubur demikian di tanah makam prasejarah. Ini cocok dengan sejarah Italia yang terkenal dengan banyak cerita cinta tragis. Mantua adalah kota tempat Romeo diasingkan dan diberi tahu bahwa Juliet sudah mati. (*)


No comments: