Tuesday, June 5, 2012

Tahukah Anda - Tikus Pandai Nyanyikan Lagu Cinta

TINGKAH seekor tikus, ternyata tak jauh berbeda dengan manusia saat memikat lawan jenisnya. Salah satunya dengan cara menyanyi. Kemampuan bernyanyi itu dimiliki hewan yang menjadi simbol korupsi tersebut, sejak dilahirkan. Penelitian yang dilakukan Tim Holy dan Zhongsheng Guo dari Universitas Washington, menemukan bahwa tikus jantan mendendangkan lagu-lagu ultrasonik untuk merayu pujaannya. Hal ini menjadikan tikus sebagai salah satu dari sedikit mamalia yang bisa bernyanyi, yang sejauh ini anggotanya hanya manusia, kelelawar, paus dan lumba-lumba.
Tim peneliti mengetahui kemampuan menyanyi tikus setelah mereka mempelajari bunyi cicitan tikus jantan ketika mereka mencium bau tikus betina. Cicitan yang diperdengarkan dalam frekuensi yang tidak bisa didengar manusia itu ternyata membentuk suatu nyanyian. Suara itu adalah nyanyian, baru diketahui Dr Holy setelah merekam dan menurunkan nadanya agar bisa didengar manusia. Suara itu bukan cericit acak, namun berupa suara-suara berbeda yang tersusun teratur dan berulang seperti kicau burung. Dan ini memenuhi karakteristik suatu nyanyian.
Pertanyaan yang muncul apakah tikus mempelajari nyanyian itu atau memilikinya sejak lahir? Perlu diketahui, hewan lain termasuk lumba-lumba dan burung, tidak begitu saja bisa menyanyi. Mereka mempelajarinya. Bila tikus ternyata belajar, pasti ada bagian otaknya yang digunakan untuk belajar menyanyi. Ini akan menjadi bahan penelitian baru yang menarik. (*)


No comments: