Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Simpanse Hewan Tercerdas

SIMPANSE adalah binatang yang sangat populer di Hollywood sebagai “Binatang Film” paling laris selain anjing. Tetapi tahukah Anda, simpanse adalah binatang primata paling cerdas di dunia? Para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di dunia saat ini. Simpanse belajar melakukan tugas-tugas berpikir organisasi, dan memiliki memori yang lebih baik dari hewan lain.

Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon!

Simpanse sering menggunakan manipulasi mental di dalam keluarga mereka. Proyek Genom yang selesai pada 2005, menunjukkan bahwa simpanse memiliki 98% DNA genetik yang sama dengan manusia.

Seorang profesor dari Primate Research Institute of Kyoto University bernama Tetsuro Matsuzawa, mendedikasikan hidupnya untuk meneliti simpanse ini. Dia mengatakan, simpanse bahkan dapat mengalahkan para sarjana matematika Jepang pada saat tes memori angka 1-9. Tentunya tes memori yang dimaksud dibuat serumit mungkin dan dengan kecepatan tinggi. (*)


No comments: