Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Mata Tak Pernah Tumbuh Besar

MATA merupakan organ tubuh yang teramat vital. Indera penglihatan ini pun mempunyai banyak keistimewaan dan keunikan. Lensa mata kita bergerak lebih cepat daripada lensa kamera manapun di dunia ini.

Di belakang pupil mata terdapat sebuah lensa alami yang berfungsi memfokuskan pandangan pada objek. Setiap kali kita memandang suatu objek, lensa di mata segera mengubah fokus tanpa disadari. Bandingkan dengan lensa kamera yang mengambil beberapa detik untuk jarak dan fokus yang berbeda antara satu sama lain.

Mata juga bisa berkedip sekitar 15.000 kali setiap hari. Berkedip merupakan fungsi mata yang semi disengaja, ini berarti bahwa berkedip tidak hanya dilakukan secara otomatis, tetapi orang juga dapat memaksa untuk berkedip bila diperlukan. Berkedip adalah fungsi yang sangat penting karena membantu menghilangkan kotoran pada permukaan mata.

Fungsi mata sendiri akan berkembang secara sempurna pada usia 7 tahun. Pada usia ini, fungsi mata telah berkembang sempurna dan secara fisiologis telah mirip dengan mata orang dewasa. Namun ukuran mata tidak pernah bertambah sejak manusia lahir hingga tua renta. Mata tidak pernah tumbuh besar sejak kita lahir.

Namun kemampuan mata ada batasnya. Setiap manusia dipastikan akan membutuhkan kaca mata saat tua, antara usia 43-50 tahun. Hal ini karena lensa mata secara bertahap kehilangan kemampuan untuk fokus seiring bertambahnya usia. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 19 Mei 2012

No comments: