Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Awas, Banyak Duduk Bisa Akibatkan Kegemukan

ISTIRAHAT dengan bersantai duduk memang sangat menyenangkan. Apalagi ketika kita sudah lelah dan penat dengan kesibukan sehari-hari yang sudah dijalankan. Akan tetapi jika terlalu banyak duduk, bisa menyebabkan berat badan kita mudah bertambah dan menjadi gemuk.
Banyak penelitian yang menunjukkan kalau duduk sepanjang hari, secara signifikan bisa merusak kesehatan.
Dengan memaksa tubuh, yang dirancang untuk bergerak, duduk sepanjang hari, bisa melemahkan otot. Termasuk memperlambat proses metabolisme, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan bahkan memperpendek usia Anda.
“Setelah empat jam duduk, tubuh mulai mengirimkan sinyal-sinyal berbahaya,” ujar Elin Ekblom-Bak, ilmuwan dari Swedia. Menurutnya, gen yang mengatur glukosa dan lemah dalam tubuh mulai berhenti bekerja.
Duduk juga membuat berat badan akan terus naik secara signifikan. Itu karena, ketika Anda menempelkan bokong pada kursi, metabolisme pun langsung melambat. Pemicunya adalah enzim yang disebut lipoprotein lipase, yang berada di pembuluh darah dalam otot-otot Anda.
Duduk seharian mengurangi aktivitas lipoprotein sekitar 90 hingga 95 persen. Fakta buruk lainnya, beberapa ahli ada yang berpendapat, bahwa 60 sampai 90 menit olahraga tidak bisa menetralkan dampak dari duduk seharian.
Lalu, bagaimana dengan orang yang rajin berolahraga? Ahli dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), menyatakan orang yang rajin olahraga tapi terlalu banyak duduk, hanya bias selamat jika latihan dilakukan rutin setiap hari. Jadi, bukan hanya kadang-kadang.
Olahraga pun, faktanya, adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko buruk terhadap aktivitas duduk. “Sudah pasti, orang harus terus berolahraga. Sebab, olahraga mendatangkan banyak manfaat,” kata Ekblom-Bak. (*)


No comments: