Thursday, June 7, 2012

Tahukah Anda - Butuh 120 Tetes Air untuk Penuhi 1 Sendok

AIR merupakan sumber kehidupan yang tidak terpisahkan dari manusia. Bumi tempat hidup kita sebagian besar terdiri dari air, karena bumi kita sebagian besar merupakan lautan. Jumlah volume air laut sendiri masih misteri. Tidak ada yang tahu, pasti berapa volume pasti air laut di muka bumi ini.

Beberapa peneliti dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) Department of Marine Chemistry and Geochemistry Amerika Serikat mulai menghitung volume dan kedalaman air laut melalui satelit. Dan hasilnya menurut Matthew Charette adalah bahwa volume air laut kira-kira sebanding dengan lima kali air laut di teluk Meksiko atau lima ratus kali lebih banyak dari Great Lakes. Nah, entah berapa miliar kubik.

Kebutuhan air bagi kehidupan manusia pun sangat besar. Di setiap segi kehidupan dipastikan dibutuhkan air, seperti untuk pertanian, industri, termasuk kebutuhkan rumah tangga. Setiap hari kita pasti butuh minum, juga makanan yang mengandung air. Nah, tahukan Anda, berapa teteskah jumlah air dalam satu sendok? Dalam sebuah percobaan kecil-kecilan, ternyata diketahui bahwa satu sendok bisa dipenuhi sekitar 120 tetes air. Anda penasaran? Silakan membuktikannya. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 6 Juni 2012

No comments: