Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Manusia Kuat 8 Pekan Tanpa Makan Minum

UNTUK mempertahankan hidup, makhluk hidup, khususnya manusia perlu makan dan minum. Itulah yang dilakukan kita setiap hari. Tapi tahukah Anda, sampai berapa lama manusia sanggup bertahan hidup tanpa makan dan minum? Secara teori, tubuh manusia menyimpan energi dalam bentuk lemak, karbohidrat, dan protein. Biasanya tubuh akan menggunakan cadangan karbohidrat terlebih dahulu lalu protein, dan terakhir menggunakan lemak sebagai asupan energi.
Selain cadangan makanan dalam tubuh, metabolisme dan iklim juga memengaruhi. Orang dengan metabolisme yang lambat cenderung memiliki rasa kenyang lebih panjang, karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada. Sedangkan dalam iklim dingin, tubuh akan lebih cepat membakar energi sehingga membuat orang cepat merasa lapar.
Secara fisik, manusia bisa hidup tanpa air atau menahan haus hanya tiga hingga lima hari. Sementara jika tanpa makan, manusia mampu menahan lapar dan bertahan hingga 8 pekan dengan catatan masih mengonsumsi air. Tapi jika kondisi fisik orang tersebut baik, maka bisa bertahan lebih lama lagi.
Manusia memang sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup, karena setiap hari orang kehilangan cairan melalui keringat, urine, feses bahkan saat bernapas hingga 1,5 liter per hari. Risiko utama orang hidup tanpa air dan kondisi panas adalah suhu tubuh akan terus meningkat. (*)


No comments: