Thursday, June 7, 2012

Tahukah Anda - Kucing Bisa Tidur 20 Jam Sehari

KUCING sudah menjadi hewan peliharaan manusia sejak 3.500 tahun silam. Karena itu, kucing bisa dibilang sebagai hewan paling akrab dengan manusia. Namun tahukah Anda, ternyata kucing merupakan hewan yang jago tidur. Hal ini dilakukan untuk menyimpan energinya. Lama tidur kucing ini bervariasi, bisa mencapai 12-16 jam per hari, dengan rata-rata 13-14 jam sehari. Tapi tidak jarang, ada kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

Kucing pun dikenal sebagai hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Di balik sifatnya yang lembut saat berhadapan dengan manusia, ternyata kucing merupakan salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu spesies, mengalahkan kucing besar, seperti singa, harimau, dan sejenisnya yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia.

Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 5 Juni 2012

No comments: