Thursday, June 7, 2012

Resensi Buku - I Can Get a Scholarship, Why Can’t You?

Kisah Laskar Beasiswa ke Luar Negeri

BAGI sebagian orang, dapat sekolah di luar negeri merupakan impian yang terus diperjuangkan. Apalagi jika kesempatan itu disertai beasiswa penuh sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Bersekolah di luar negeri memang dinilai memiliki banyak keuntungan. Tak hanya berkesempatan menuntut ilmu di kampus negara maju, namun juga berkesempatan mendapat banyak pengalaman hidup di negeri orang. Belajar di luar negeri pun dinilai lebih prestise jika dibandingkan belajar di dalam negeri.

Namun untuk dapat belajar di luar negeri ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Usaha memperoleh beasiswa bak memanjat tebing terjal penuh cadas. Tak jarang, para laskar beasiswa ini harus berjuang bertahun-tahun sebelum dapat kesempatan tersebut. Selain kesulitan mencari beasiswa yang cocok, kemampuan bahasa Inggris pun menjadi salah satu kendala. Bahkan banyak orang yang berusaha mendaki akhirnya gagal.

Untungnya, saat ini banyak beredar buku mengenai kiat mendapatkan beasiswa, terutama beasiswa di luar negeri. Buku-buku itu sedikit banyak dapat membantu para pemburu beasiswa. Salah satunya buku karya Aan Satriani yang berjudul I Can Get a Scholarship, Why Can’t You? Kiat-kiat dan Catatan Pembakar Semangat untuk Merebut Beasiswa ke Luar Negeri.

Dalam buku yang awalnya ditulis dalam bentuk blog ini, Aan mencoba berbagi pengalaman tentang pengalamannya mendapatkan beasiswa Australian Development Scholarships (ADS) dari pemerintah Australia.

Berkat beasiswa itu, Aan berkesempatan belajar di negeri Kangguru selama dua tahun. Lewat buku ini pula, Aan memberikan berbagai tip dan trik bagaimana menaklukkan beasiswa. Dia meyakinkan para pembaca bahwa semua orang layak memperoleh beasiswa. Tentu saja asal disertai dengan usaha yang serius.

Secara garis besar, ada dua tema dalam buku ini. Pertama, mengenai pengalaman dia selama tiga tahun menjadi laskar beasiswa. Bagaimana usaha penulis ketika berkali-kali mendaftar aplikasi beasiswa, dan usahanya mengikuti tes IELTS. Kedua, mengenai tip dan trik serta informasi mengenai berbagai macam beasiswa yang dapat dicoba. Buku ini sangat cocok untuk membakar semangat Anda yang sedang mencari beasiswa ke luar negeri. (hanhan husna)



Judul : I Can Get a Scholarship, Why Can’t You? Kiat-kiat dan Catatan Pembakar Semangat untuk Merebut Beasiswa ke Luar Negeri
Penulis : Aan Satriani
Penerbit : Grafindo Media Pratama
Halaman : 308 halaman
Dimensi : 12,5 cm x 17 cm
HARGA : Rp35.000


Dikutip dari INILAHKORAN, Minggu 15 Januari 2012

No comments: