Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Museum Kaum Buruh Satu-satunya di Asia

TANGGAL 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional di berbagai belahan dunia. Hari yang diperingati sejak 1886 itu untuk mengenang perjuangan kelas pekerja. Namun negara Thailand mempunyai cara sendiri untuk mengenang perjuangan para buruh tersebut, yakni dengan membangun Museum Buruh yang merupakan satu-satunya di Asia. Museum serupa ada di Manchester Inggris, yakni People’s History Museum.
Museum yang berada di Bangkok tersebut, berisi berbagai diorama dan panel yang menjelaskan sejarah perjuangan kaum buruh Thailand. Ada 6 babak sejarah: dari zaman perbudakan sampai zaman masa kini yang disebut sebagai zaman neoliberal.
Di dalam museum ada satu panel tentang kuli-kuli Cina dari abad 18, yang menceritakan bagaimana zaman dulu kuli-kuli Cina di Bangkok juga sudah membuat organisasi bersama. Ada juga bagian khusus tentang buruh kereta api di Bangkok. Ini karena buruh kereta api adalah kelompok buruh yang pertama kali membuat serikat buruh. Lalu bagian panel zaman Perang Dunia II. Thailand tidak pernah dijajah Jepang, namun kehidupan buruh pada zaman ini sangat sulit.
Perjuangan buruh tekstil dan garmen juga dihargai. Ada juga ruang audio-video yang menyimpan berbagai film gerakan buruh Muangthai. (*)


No comments: