Sunday, June 3, 2012

Tahukah Anda - Kaktus Penghasil Air Terbaik

POHON kaktus yang biasa tumbuh di daerah-daerah kering atau gurun, mempunyai banyak kegunaan. Beberapa jenis kaktus bisa dikonsumsi, atau dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Namun satu kegunaan yang tak kalah penting yakni kaktus ternyata bisa memurnikan air dengan kualitas terbaik.
Kaktus yang bisa tumbuh tanpa air dalam waktu sangat lama tersebut memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Air yang diserap tersebut disimpan dalam ruang di batangnya yang mempunyai lapisan getah tebal. Ruangan itulah yang sangat efektif memindahkan sedimen dan bakteri dari air kotor, sehingga hanya tersisa air murni.
Kemampuan tumbuhan kaktus itu sudah digunakan sejak abad 19 silam. Komunitas masyarakat di Meksiko, menggunakan kaktus sebagai perangkat untuk memurnikan air. Caranya sari getah kaktus ini dicampurkan ke dalam air kotor yang penuh sedimen dan bakteri. Hasilnya, sedimen dan bakteri bergabung lalu mengendap di bagian bawah dan memisahkan 98% bakteri dalam air.
Peneliti melihat komunitas di negara berkembang menggunakan kaktus di kehidupan sehari-hari mereka. Mereka biasa merebus sepotong kaktus untuk mendapatkan getah kemudian menambahkan getah itu ke dalam air (*)


No comments: