Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Harajuku Berasal dari Nama Tempat

BUDAYA Jepang banyak disukai oleh warga Indonesia, termasuk kalangan remaja. Salah satunya, yakni komunitas penggemar cosplay atau fesyen gaya Jepang, yang disebut Harajuku. Namun tahukah Anda, arti Harajuku dan asal-usulnya? Harajuku ternyata sebuah sebutan populer untuk kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini terkenal sebagai tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasinya mencakup sekitar Kuil Meiji, Taman Yoyogi, pusat perbelanjaan Jalan Takeshita (Takeshita-dori), Department Store Laforet, dan Gimnasium Nasional Yoyogi.

Jika mengunjungi taman ini pada jam tertentu di setiap Sabtu dan Minggu, Anda akan melihat ratusan anak laki-laki berpakaian seperti penyanyi rock dan skater, menari dengan alunan musik rock and roll dengan seriusnya. Jadi tidak mengherankan juga jika anak perempuan ingin menampilkan mode inovatif yang tidak ada atau belum pernah terlihat sebelumnya. Mereka ingin melakukannya di tempat yang sama, pada waktu yang sama.

Harajuku menjadi terkenal pada 1980-an karena artis jalanan dan remaja bebas berpakaian yang berkumpul di sana pada hari Minggu ketika Omotesando ditutup untuk lalu lintas. Omotesando adalah jalan yang sangat panjang dengan kafe dan butik fesyen kelas atas dan sangat populer bagi warga lokal dan turis. Berjalan kaki pada hari Minggu merupakan waktu yang sempurna untuk bertemu, memutar musik dan memamerkan diri. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 25 Mei 2012

No comments: