Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Sikat Gigi Tercipta di Penjara

SETIAP hari, kita pasti menyikat gigi, paling tidak 1-2 kali. Ternyata kebiasaan menyikat gigi ini bukan hanya dilakukan manusia modern saat ini, tapi sejak ribuan tahun silam. Sebuah penelitian meyakini kegiatan menyikat gigi telah dilakukan manusia pada 3000 sebelum Masehi. Sikat gigi pertama kali berhasil diidentifikasi, terbuat dari ranting yang digigit sampai halus.
Dalam ilmu kedokteran India kuno, ranting dari pohon banyak digunakan untuk tujuan yang sama. Di Cina, alat yang sama untuk membersihkan gigi terbuat dari ekor kuda dengan gagang yang terbuat dari tulang sapi. Sedangkan di Arab, mengunyah miswak atau siwak yang berasal dari pohon arak (salvadora persica) yang mengandung antiseptik.
Sikat gigi modern, pertama kali diperkenalkan di Eropa oleh William Addis seorang narapidana dari Inggris pada 1770. Kala itu, dia mengisi waktu luangnya dengan mencoba memanfaatkan barang bekas untuk mengembangkan alat membersihkan gigi sehabis makan.
Cara membersihkan gigi saat itu dengan menggunakan kain yang diberi garam dan menggosokkannya pada gigi. Lalu, Addis menggunakan tulang hewan sisa makanannya yang diberi lubang-lubang kecil, kemudian menempatkan bulu-bulu yang telah diikat dan merekatkannya.
Setelah keluar dari penjara pada 1780, dia kemudian mulai memproduksinya secara massal. Hak paten untuk sikat gigi dipegang HN Wadsworth pada 1857, di Amerika Serikat, dan baru diproduksi massal pada 1885. (*)


No comments: