Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Madu Tidak Akan Busuk

SIAPA yang tak kenal madu. Minuman yang berasal dari lebah ini sudah dikonsumsi sejak sejak zaman Mesir kuno. Bahkan madu pun dianjurkan diminum oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kesehatan. Banyak sekali manfaat dan kegunaan manu bagi kesehatan kita.

Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, mineral, de kstrin, pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan, madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur, daging, keju dan menterga sekitar (82,3% lebih tinggi). Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1.000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1.680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis.

Di samping segudang manfaat tersebut, ada keunggulan madu dibanding jenis makanan dan minuman lain, khususnya yang berasal dari alam. Keunggulan tersebut adalah, madu ternyata tidak akan pernah busuk mesti disimpan bertahun-tahun. Jadi jika Anda mempunyai madu di rumah, tidak usah khawatir minuman obat segala penyakit ini akan membusuk. Salah satu buktinya, ditemukan madu dengan usia ribuan tahun saat penggalian makam firaun di Mesir. Saat dicicipi, ternyata madu tersebut masih terasa enak seperti baru dipanen.

Pada zaman itu, madu memang dipergunakan untuk ramuan pembalseman (embalming) untuk mengawetkan mumi raja-raja Mesir Kuno. Sedangkan Ratu Cleopatra menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya. Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 22 Mei 2012

No comments: