Wednesday, June 6, 2012

Tahukah Anda - Kertas Pertama Berbahan Bambu

PENGGUNAAN kertas untuk tulis-menulis tetap tidak bisa ditinggalkan kendati saat ini dunia sudah memasuki era digitalisasi. Penemuan kertas ini merupakan revolusi baru dalam dunia tulis-menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Pada zaman dulu sebelum ada kertas, orang-orang menggunakan pelepah bambu, dan daun lontar, kulit binatang, bahkan bebatuan untuk menuliskan sesuatu. Bisa dibayangkan, setebal apa sebuah buku yang ditulis menggunakan pelepah bambu.

Nah, adanya kertas membuat kegiatan tulis-menulis menjadi lebih mudah dan nyaman. Dan tahukah Anda, siapa penemu kertas yang fenomenal tersebut. Kertas pertama kali ditemukan bernama Ts’ai Lun, seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan yang kemudian diangkat menjadi sekretaris kerajaan pada masa Dinasti Han, pada tahun 101 Masehi. Dengan jabatannya tersebut, Ts’ai Lun selalu berhubungan dengan urusan tulis-menulis.

Pada masa itu, umumnya warga Cina menggunakan pelepah bambu dan bahan sutera untuk media tulis-menulis. Buku bambu sangat berat, sehingga sulit dibawa ke mana-mana, sedangkan buku berbahan sutera sangat mahal. Inilah hal yang mendasari Ts’ai Lun untuk berupaya mencari alternatif bahan untuk media tulis-menulis yang murah dan mudah dibawa ke mana-mana. Tahun 105 Masehi, Ts’ai Lun mempersembahkan contoh kertas berbahan serat bambu kepada Kaisar Ho Ti. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, 4 Mei 2012

No comments: