Monday, June 4, 2012

Tahukah Anda - Prahlad Bisa Hidup tanpa Makan Minum

MANUSIA membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan hidup. Namun para praktisi inedia meyakini manusia tidak butuh makan dan minum untuk bertahan hidup. Yang penting, cukup prana dan sinar matahari. Penelitian ilmiah belum bisa menerima klaim inedia tersebut. Namun beberapa tahun terakhir ini semakin banyak orang yang mengaku bisa hidup tanpa makanan dan minuman. Pelaku inedia yang paling terkenal adalah Prahlad Jani, seorang dukun India yang mengaku tidak makan dan minum sejak 1940 atau 70 tahun lalu. Konon, kemampuannya itu dia dapatkan setelah bertapa di hutan ketika usianya 11 tahun.
Dua penelitian terpisah telah dilakukan terhadap Jani. Pertama kali pada 2003 dan kedua 2010. Badan Pengembangan dan Riset Pertahanan India bermaksud mengungkap rahasia di balik daya tahan pria tersebut. Mereka berharap bisa mengambil manfaat inedia untuk keperluan tentara, korban bencana, dan astronot yang mungkin harus hidup tanpa makan dan minum cukup lama.
Selama penelitian, Jani memang tidak makan dan minum. Dia hanya sesekali dikawal ke luar laboratorium untuk berjemur. Selama 15 hari berada di laboratorium, dia pun tidak menggunakan toilet. Menurut peneliti, Jani lebih sehat daripada rata-rata orang yang usianya separo lebih muda. Namun, Dewan Kedokteran India menolak keabsahan penelitian tersebut. (*)


No comments: