Tuesday, May 15, 2012

Tahukah Anda - Rambut Tumbuh Hanya 6 Tahun

RAMBUT merupakan mahkota bagi setiap manusia, khususnya Kaum Hawa. Ratusan ribu hingga jutaan rupiah sengaja dikeluarkan untuk membayar perawatan atau memodifikasi rambut. Tahukah Anda siklus rambut mulai dari tumbuh hingga terlepas dari kepala? Setiap manusia, rata-rata memiliki jumlah rambut sekitar 100.000 helai di kepalanya. Masa tumbuh setiap helai rambut hanya 2-6 tahun, kemudian rontok. Lalu pada pori-pori yang sama, rambut baru mulai tumbuh.
Siklus rambut dimulai dari fase pertumbuhan, fase transisi yang pendek, dan fase istirahat. Rambut berhenti tumbuh selama fase istirahat. Fase pertumbuhan terdiri atas fase awal dan aktif.
Setelah itu, ada fase transisi, lalu fase istirahat. Rambut tetap berada dalam folikel yang beristirahat hingga fase pertumbuhan berikutnya. Pada fase pertumbuhan berikutnya, rambut yang sudah beristirahat akan didorong ke luar pori-pori. Hal ini yang menyebabkan rambut rontok. Bagi orang yang tidak memiliki masalah rambut, setiap hari sekitar 70-100 helai rambut rontok secara alami.(*)

Dikutip dari INILAHKORAN, Senin 30 Januari 2012
http://issuu.com/inilahkoran/docs/30_jan_12/1

No comments: