Thursday, May 31, 2012

Tahukah Anda - King Henry Gunakan Sepatu Bola Pertama


PERLENGKAPAN sepak bola sangat berperan penting terhadap permainan sang pemain, salah satunya sepatu bola. Pada awalnya, sepatu bola hanya berwarna hitam dan memiliki cleats atau pul pada alas berwarna sama, tidak seperti saat ini yang lebih bervariasi.
Sepatu bola pertama kali digunakan pada masa Raja Henry VIII. Dia memesan sepatu boot dari Great Wardrobe untuk bermain bola pada 1526. Boot yang dipakainya terbuat dari kulit dan dijahit tangan khusus oleh pembuat sepatu kerajaan bernama Cornelius Johnson. Untuk sepasang sepatu boot bola tersebut, King Henry harus merogoh koceknya sebesar 4 shillings.
Lebih dari 300 tahun kemudian, sepak bola menjadi begitu populer sehingga menjadi tuntutan untuk mengenakan sepatu bola. Menurut catatan sejarah, sepatu bola klasik berwarna hitam pertama kali dikenali pada 1920-an. Beberapa tahun kemudian, terjadi revolusi industri sepatu bola dengan inovasi yang dilakukan Adolf dan Rudolf Dassler. Dua bersaudara tersebut membuka The Dassler Brothers Shoe Factory (Gebrüder Dassler Schuhfabrik) di Herzogenaurach pada 1924. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, Sabtu 18 Februari 2012

No comments: