Thursday, May 31, 2012

Tahukah Anda - Jaring Laba-laba Lebih Kuat dari Baja

MESKI terkesan lemah, jaring laba-laba ternyata memiliki kekuatan dahsyat saat menahan angin maupun menjaring lawannya yang lebih besar. Percaya atau tidak, jaring laba-laba lebih kuat dari pada baja. Bahkan militer Amerika Serikat pernah berencana membuat jaket antipeluru yang dibuat dari pintalan jaring laba-laba. Jadi, scene dalam film Spiderman 2 yang menghentikan laju kereta api menggunakan jaring laba-laba bukan merupakan sesuatu yang mustahil.
Menurut peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, bahan jaring laba-laba memiliki unsur sutra dan juga memiliki desain khusus dalam merangkai sebuah bangunan yang kuat. Kunci sukses jaring terletak pada kemampuannya yang tetap utuh dan bahkan lebih kuat setelah benang itu patah.
Dalam kandungan sutranya, peneliti melihat benang tersebut memiliki sifat elastis yang bisa menahan berbagai jenis beban yang diletakkan di atasnya. Dalam risetnya, mereka menggunakan tiga bahan lain yang dibuat mirip dengan jaring laba-laba. Hasilnya, sutra laba-laba enam kali lebih tahan terhadap kerusakan saat ranting jatuh atau terembus angin kencang. Dan juga saat beban berat diletakkan di atasnya, hanya satu jaring yang rusak. Karenanya laba-laba dapat melakukan perbaikan kecil dibanding harus memulai dari awal. Kekuatan pada jaring tersebut sebenarnya bukanlah terletak pada bahan sutranya, melainkan perubahan mekanik yang mudah diperbaiki. (*)


No comments: