Sunday, May 13, 2012

Tahukah Anda - Pizza Makanan Rakyat Jelata

DI Indonesia, Pizza menjadi makanan kalangan kelas atas yang hanya ada di tempat-tempat tertentu. Namun tahukan Anda, awalnya Pizza yang berasal dari Italia, dulunya hanya makanan rakyat jelata bahkan pernah dilarang dimakan oleh kalangan kerajaan di negeri ini. Raja Ferdinand I (1751-1825) diyakini menjadi orang pertama yang berhasil mendobraknya sehingga Pizza menjadi makanan kelas atas khas Italia seperti saat ini.
Kala itu, konon Raja Ferdinand I pernah menyamar sebagai rakyat jelata dan secara diam-diam mengunjungi sebuah lingkungan kumuh di Napoli karena sangat ingin melahap makanan yang dilarang oleh ratu di dalam istana. Pizza memang berasal dari Napoli sekitar tahun 1720. Saat itu, pizza umumnya dianggap sebagai makanan rakyat miskin. Penjualnya berkeliling di jalan-jalan sambil berteriak. Supaya tetap hangat, pizza disimpan di dalam wadah scudo, sebuah wadah tembaga yang ditaruh di kepala si penjual.
Raja Ferdinand I akhirnya memberi tahu orang-orang istana tentang kegemarannya akan Pizza. Karena Pizza yang dijual di jalanan jauh lebih lezat, orang-orang kaya dari golongan elite dan kerajaan mulai menyerbu kedai pizza. Cucu laki-laki Ferdinand, Raja Ferdinand II, menyuruh orang membangun pemanggang dengan bahan bakar kayu di kebun Istana Capodimonte tahun 1832. Sejak saat itu, Pizza berkembang. (*)

Dikutip dari INILAHKORAN, Sabtu 14 Januari 2012
http://issuu.com/inilahkoran/docs/14_jan_12/1

No comments: