Sunday, May 13, 2012

Tahukah Anda - Burung Hantu Putar Kepala 360 Derajat

MENDENGAR namanya, sebagian dari kita akan takut dengan burung hantu. Selain wujud dan suaranya menyeramkan, burung hantu juga mempunyai banyak keunikan dibanding jenis burung lainnya. Burung hantu atau owl dalam bahasa Inggris, termasuk spesies burung nokturnal (beraktivitas di malam hari).
Penglihatannya sangat tajam sehingga bisa melihat mangsanya dari jarak sangat jauh. Inilah yang membedakan burung hantu dengan burung-burung lainnya. Bentuk muka burung hantu berbeda dengan bentuk burung biasa, mukanya rata seperti manusia dengan kedua matanya menghadap ke depan. Satu keunikan lainnya yang tak dimiliki burung lain, burung hantu bisa memutar kepalanya hingga 360 derajat.
Hal itu dilakukan untuk mendengar suara-suara dan melihat yang ada di sekelilingnya. Beberapa jenis burung hantu pun mempunyai kemampuan melebihi burung biasanya. Seperti jenis Peregrine Falcon yang merupakan salah satu burung tercepat di dunia. Dia bisa menukik dengan kecepatan mencapai 350 km per jam. Atau burung hantu pemakan bangkai yang tercatat bisa terbang di ketinggian lebih dari 11.000 meter di atas permukaan tanah, sama dengan ketinggian terbang pesawat jet. (*)

Dikutip dari INILAHKORAN, Selasa 10 Januari 2012
http://issuu.com/inilahkoran/docs/10_januari_2012/1

No comments: