Tuesday, May 29, 2012

Tahukah Anda - Es Krim Pertama Terbuat dari Salju

SIAPA yang tak suka es krim? Camilan lezat nan manis ini selalu dinikmati berbagai kalangan dan usia. Namun, tahukan Anda inspirasi pembuatan es krim berasal dari pencampuran gumpalan salju dan potongan buah-buahan. Sejarah mencatat, pada 400 SM, kekaisaran Persia menemukan penganan beku khusus untuk para petinggi istana yang terbuat dari air mawar dan sohun.
Es tersebut kemudian dicampur dengan saffron, buah-buahan, dan bumbu lainnya. Pada zaman Romawi Kuno (37-68 M), Kaisar Nero memesan makanan yang terbuat dari salju pegunungan dengan topping campuran buah di atasnya. Resep susu yang dicampur es, baru ditemukan pada zaman Raja Tang dari Shang (618-697 M).
Istilah es krim muncul setelah ramuan susu campur es dari Cina dibawa ke Eropa. Seiring waktu, resep es krim, serbat, dan susu es berevolusi menjadi sajian modern di lingkungan kerajaan Italia dan Prancis. Es krim yang kita kenal sekarang adalah pengembangan dari resep es krim modern pertama, Mrs Mary Eales’s Receipts yang terbit di London pada 1718. Kini berbagai variasi resep es krim dan sejenisnya bermunculan seperti donduma dari Turki, gelato dari Italia, kulfi dari Arab, ice cream cone dari Amerika, dan es tong-tong khas Indonesia. (*)


Dikutip dari INILAHKORAN, Selasa 7 Februari 2012

No comments: