Sunday, December 11, 2011

Resensi Buku - 114 Kisah Nyata Doa-Doa Terkabul

Keyakinan Hamba pada Mukjizat Doa

Doa merupakan bukti penghambaan diri kepada Sang Pencipta. Dengan berdoa, kita mendapatkan ketenangan hidup, solusi atas permasalahan yang dihadapi, optimisme, dan kebahagiaan.
Mencuplik kisah dari buku setebal 524 halaman ini, ada seorang pemuda yang siang dan malam memanjatkan doa pada Tuhannya untuk bisa bersanding dan menikahi gadis pujaan hatinya. Bahkan, si gadis pun bersedia serta memiliki perasaan yang sama dan juga menyukainya. Kemudian apa yang terjadi? Ternyata orang tua si gadis sudah memilihkan pasangan hidup anaknya dan sudah menentukan hari pernikahannya. Kecewa, stres, dan marah mengharu biru dalam dada si pemuda. Dia pun mempertanyakan “keadilan Tuhan”.
Dua puluh tahun kemudian, sang pemuda –yang kini sudah menjadi bapak dari kedua orang putrinya— akhirnya dipertemukan dengan mantan kekasihnya itu. Mereka pun terlibat obrolan hangat hingga sebuah kalimat terucap dari bibirnya, “Sampai sekarang, Allah belum juga mengaruniakan keturunan. Kata dokter, saya mandul!”
Seandainya kita belum tahu akibat baik dari penolakan atau penundaan ijabahnya sebuah doa, yakinlah suatu saat nanti Allah akan menampakkan kebaikan dari ketetapan keputusan-Nya itu. Atau, boleh jadi, pikiran kita terlalu sempit untuk melihat keindahan dari segala keputusannya itu sehingga yang tampak hanyalah kegelapan tanpa cahaya sedikit pun. Padahal, cahaya itu tampak jelas bagi mereka yang telah dibukakan hatinya.
Buku 114 Kisah Nyata Doa-Doa Terkabul ini terdiri atas kumpulan kisah-kisah nyata yang dikelompokkan dalam 10 bagian. Tiap-tiap bagian memuat kisah-kisah yang akan membuat pembaca merengkuh sebanyak-banyaknya makna dan hikmah. Jadi, buku ini bukan untuk menggurui atau menekankan hal-hal normatif tentang doa. Buku ini hadir untuk melengkapi kepustakaan yang sudah ada, sekaligus memberi penguatan bahwa doa adalah bagian dari sistem yang telah ditetapkan Allah.
Doa, sebagai media komunikasi terbaik antara seorang hamba dan Tuhannya yang sifatnya sangat pribadi, dan dapat digunakan kapan pun dan di mana pun selama hamba tersebut menyadarinya.

Judul: 114 Kisah Nyata Doa-Doa Terkabul
Penulis: Tauhid Nur Azhar dan Sulaiman Abdurrahim
Diterbitkan: Sygma Publishing
Cetakan I: Desember 2009
Jumlah Halaman: 524 halaman
Jenis Cover: Soft Cover
Dimensi: 135 x 205 mm
Kategori: Kisah Nyata
HARGA : Rp37.000

Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 11 Desember 2011

2 comments:

Anonymous said...

ok mas keren review-nya! Terima kasih banyak :)

Mudah-mudahan kita bisa solid bekerja sama... Kita doakan saja, amin

Riz said...

Sama-sama kang. Rabu (21/12) kemarin saya belum sempat, menghubungi lagi ke kantor.