Friday, December 23, 2011

Tahukah Anda - Burung Unta Pelari Cepat Bertubuh Besar


BURUNG unta merupakan burung terbesar di dunia. Badan mereka memang lebih besar dari ukuran manusia normal. Seekor burung unta bisa mempunyai tinggi mencapai 2,5 meter dan berat 120 kilogram.

Burung unta hidup berkelompok di wilayah Afrika Tengah. Meski termasuk jenis burung, burung unta sama sekali tidak bisa terbang. Namun, burung itu bisa berlari sangat cepat.
Burung unta dikenal mampu berlari dengan kecepatan 70 kilometer/jam.
Bila tiba waktunya bertelur, mereka menggali lubang yang sangat dalam di pasir dan meletakkan semua telur di dalamnya. Burung unta lebih suka menyimpan telur-telurnya di dalam lubang pasir. Sebab, untuk menggali lubang di tanah membutuhkan waktu yang lebih lama dan menyebabkan mereka mengeluarkan banyak energi.
Yang menarik penjagaan dan perawatan semua telur dalam sebuah kelompok, hanya ditangani seekor burung unta betina. Tapi karena sarang hanya dapat melindungi sejumlah telur, burung unta betina itu mengutamakan telurnya sendiri. Burung unta mengenali telur-telurnya melalui pori-pori udara pada kulit telur tersebut. Burung unta juga punya keunikan lain yakni dikenal sebagai petarung sejati.[]
Dikutip dari HU INILAHKORAN, Kamis 15 Desember 2011

No comments: