Wednesday, February 4, 2015

Resensi Buku: GUNUNG PADANG

Judul Resensi Buku:
Di Balik Polemik Situs Gunung Padang

(Resensi Buku: Gunung Padang) -- GUNUNG Padang adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat, tepatnya di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya sekitar 20 kilometer dari persimpangan kota Kecamatan Warung Kondang, antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas areal sekitar 3 hektare sehingga bisa disebut menjadi kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara, dengan ketinggian 885 mdpl. Tentunya tepat sekali bila ingin tahu lebih, silakan baca di best-seller books, pasti deh ingin baca langsung bukunya.


Namun sayang, beberapa tahun belakangan, pemberitaan situs Gunung Padang di media massa sarat dengan polemik. Banyak orang dibuat penasaran tentang apa yang dilakukan para peneliti di sana dan apa yang ditemukan.

Apa yang terjadi di Gunung Padang? Mengapa para pakar di luar tim peneliti selalu menyerang tim peneliti yang sedang melakukan penelitian, bahkan bermaksud memenjarakan para peneliti? Apa saja yang telah berhasil ditemukan para peneliti di Gunung Padang? Itulah sang peresensi (Suro Prapanca) yang yakin, pertanyaan-pertanyaan ini juga yang khalayak umum ingin mengetahui jawabannya

Jawaban-jawaban dari pertanyaan itulah yang diketengahkan sang penulis, Hermawan Aksan, sebagai seorang jurnalis, mencoba meliput hasil penelitian secara langsung di sana. Mengumpulkan arsip-arsip berita, mengumpulkan laporan para peneliti, serta mewawancarai para peneliti dan narasumber lain, kemudian menyajikannya dalam sebuah buku yang sangat penting untuk dibaca kita semua.

Di masa yang akan datang, Gunung Padang akan tampil fenomenal karena kemegahannya. Buku ini akan menjadi saksi sejarah penting sehingga kita tidak perlu menunda menyerap beragam informasi dan temuan-temuan yang berhasil diteliti Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM). Selamat membaca. Resensi buku ini juga dimuat di harian Inilah Koran.


JUDUL : Gunung Padang
TEBAL BUKU & ISBN : 284 halaman; 978-602-7768-96-3
PENULIS : Hermawan Aksan 
PENERBIT : Nuansa Cendekia

1 comment:

Unknown said...

http://goo.gl/iR7TZo
http://bit.ly/1x6yRwg
http://exl.me/nmxx