Friday, March 28, 2014

Resensi Buku: Profil Partai Politik Peserta Pemilu

Resensi Buku: Profil Partai Politik Peserta Pemilu
Judul Resensi Buku:
Membidik Parpol Pemenang Pemilu 2014
 

(Resensi Buku: Profil Partai Politik Peserta Pemilu) -- TAHUN 2014 adalah Tahun Politik, tahun berlangsungnya Pemilihan Legislatif (9 April 2014) dan Pemilihan Presiden (9 Juli 2014). Pesta demokrasi 5 tahunan ini akan menjadi tonggak sejarah bagi perjalanan demokrasi di Indonesia. Segenap warga negara Indonesia berharap pemilihan umum sukses terselenggara dan berjalan jujur, adil, serta bersih.

Sebab, sejatinya demokrasi diwujudkan untuk melahirkan keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran di tengah-tengah rakyat. Dalam kaitan ini, selain dituntut ikut berpartisipasi aktif dalam memberikan hak pilih, setiap warga negara juga harus mempunyai kesadaran agar jangan salah memilih (Jadi, bukan malah menjadi golput/golongan yang tidak menggunakan hak pilih). Kesalahan dalam memilih tentu akan berakibat pada suramnya kehidupan berbangsa dan bernegara pada lima tahun ke depan. Salah satu buku dunia perpolitikan yang mejeng di Best-seller Books.


Sebagai sebuah negara yang menganut paham demokrasi, partai politik adalah unsur yang sangat penting dalam sistem politik Indonesia. Indonesia memiliki sejarah panjang perjalanan partai politik. Jauh sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum 1955 yang fenomenal itu, cikal-bakal partai politik telah ditandai dengan menjamurnya organisasi-organisasi modern pada awal abad 20. Keberadaan partai politik memiliki peran yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Eksistensinya bisa menjadi sarana menyalurkan aspirasi publik yang beragam.

Partai politik, sebuah institusi yang dicaci juga dicari. Satu sisi banyak sekali cela yang dilakukan oleh partai politik di negeri ini, mulai dari perilaku kader yang kerap tersandung persoalan korupsi dan moral hingga konflik yang berujung pada perpecahan partai itu sendiri. Namun di sisi lain, banyak orang antre mendaftar sebagai kader partai, tentunya dengan banyak alasan.

Buku "Profil Partai Politik Peserta Pemilu" ini mencoba untuk mendekatkan partai-partai yang bertarung dalam Pemilu 2014 di hadapan segenap warga negara Indonesia. Buku ini memuat sejarah dan dinamika partai politik yang sudah diresmikan KPU untuk menjadi peserta pemilu. Ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat Indonesia tentang peta perpolitikan di Indonesia, dari sisi kendaraan politik, berupa parpol.

Demokrasi memang dirayakan salah satunya dan terpenting melalui eksistensi partai politik. Buku yang disusun Tim Divaro dengan tebal 406 halaman ini coba menggali kembali ingatan kolektif partai politik yang akan berlaga pada Pemilihan Umum 2014. Ayo gunakan hak pilih Anda! Tentukan parpol yang Anda yakini bisa menegakkan amanah (melahirkan keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran di tengah-tengah rakyat) sehingga parpol tersebut pantas menjadi pemenang. Selamat membaca. Resensi buku ini juga dimuat di harian Inilah Koran. (Peresensi Buku: Suro Prapanca)

Judul Buku : Profil Partai Politik Peserta Pemilu
ISBN : 978-602-241-749-1
Penulis : Tim Divaro, Yugha E dkk
Penerbit : Erlangga
Cetakan : 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : 406 halaman
Dimensi : 14,5 x 21 cm
Kategori : Profil Partai


Bandung, 14 Maret 2014

No comments: