Friday, March 28, 2014

Resensi Buku: Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa

Mengenal Tokoh Pendidikan Luar Biasa

PERTUMBUHAN Pendidikan luar biasa (pendidikan khusus) telah berkembang secara bertahap selama 150 tahun yang lalu, dimulai sejak sekitar tahun 1850. Pada mulanya pendidikan luar biasa merupakan bidang kecil, kurang dimengerti dan kurang dibiayai. Selama beberapa dasawarsa, pendidikan luar biasa telah menjadi gerakan multidimensi yang mencakup banyak kelompok dan kepentingan umum. Meskipun secara khusus isinya mengenai pendidikan dan pelatihan anak-anak berbakat dan berkebutuhan khusus, juga meluas ke dalam psikologi dan kedokteran.

Sekarang ini, pendidikan luar biasa (PLB) di dunia, khususnya di Indoensia, telah cukup maju dan berkembang, baik secara teoritis maupun secara praktis. Pengembangan inovasi layanan pendidikan luar biasa bagi anak yang mempunyai kebutuhan khusus, baik SLB maupun di sekolah umum. Juga, pengembangan teknologi bidang PLB yang inovatif.


Dalam buku Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa ini para pembaca akan lebih mengenal para tokoh dalam dunia pendidikan luar biasa atau juga disebut pendidikan khusus yang mencakup tokoh dunia, termasuk beberapa tokoh asal Indonesia yang berjasa di dunia pendidikan khusus tersebut. Sebanyak 224 entri.

Tokoh-tokoh dalam ensiklopedi ini mewakili posisi teoretis, bidang-bidang keahlian, disiplin ilmu (antara lain pendidikan khusus, psikologi, kedokteran, patologi bicara, terapi fisik, psikologi pendidikan, dan psikologi sekolah). Juga para praktisi, akademisi, dan administrator. Para pakar dari banyak disiplin ilmu, meliputi pendidikan, politik, dan filsafat juga menyumbang entri ensiklopedi ini.

Pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus merupakan fokus yang berpihak pada kepentingan umum, meskipun masyarakat yang peduli ilmu ini masih terbatas. Mudah-mudahan buku setebal 456 halaman ini dapat berandil besar dalam kemanfaatannya, baik bagi masyarakat luas maupun perkembangan pendidikan khusus (atau juga biasa dikenal dengan pendidikan luar biasa). Orang-orang, baik secara individu maupun lembaga, yang telah melayani dan mencurahkan perhatiannya pada bidang pendidikan luar biasa selama bertahun-tahun patut merenung.

Mengapa? Ketika kepedulian masyarakat dan komitmennya terhadap kebutuhan anak luar biasa/berkebutuhan khusus terasa minimal atau bahkan kurang, namun sampai saat ini mereka bisa merasa senang dan kagum terhadap usaha luas yang telah dicapainya. Selamat membaca dan menyelami lautan pengalaman para tokoh yang ada dalam buku ini. Mereka adalah orang-orang yang punya banyak jasa. Sedangkan kita, jasa apakah yang telah kita sumbangkan bagi kehidupan orang lain?

Judul : Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa
ISBN : 978-602-8395-75-5
Penulis : MIF Baihaqi, Cecil R Reynolds, Lester Mann
Penerbit : Nuansa Cendekia
Cetakan : Maret 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : 456 halaman
Dimensi : 15,5 x 23,5 cm 
Kategori : Biografi Singkat

Bandung, 22 Maret 2014
Dimuat juga di INILAH KORAN, Minggu 23 Maret 2014 

No comments: