Friday, March 28, 2014

Resensi Buku: Petarung Politik, Profil Capres-Cawapres RI Potensial 2014

Siapa Presiden Terpilih 2014?

MENGENAL Tokoh-tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden tentu akan menarik dan memberi manfaat. Anda akan melihat sisi-sisi lain sang tokoh yang mungkin tidak terungkap oleh lembaga-lembaga survei atau media-media yang telah mengekspos tokoh-tokoh tersebut. Dengan demikian, setelah mengetahui profil tokoh-tokoh yang ada, selanjutnya Anda akan mampu membuat bingkai sendiri, siapakah tokoh yang pantas menjadi Presiden Terpilih 2014 nanti? Bersamaan atau bahkan di luar bingkai-bingkai yang ditawarkan lembaga survei atau media selama ini.


Di tahun politik ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia ini telah memasuki tahapan Pemilu 2014. Mulai 16 Maret–5 April bergulir masa kampanye partai politik untuk selanjutnya melaksanakan Pemilu Legislatif (9 April 2014). Kemudian, melaksanakan Pemilihan Presiden pada 9 Juli 2014. Mau tidak mau, secara konstitusional, kita akan memiliki sosok baru yang akan memimpin bangsa ini. Masa bakti Susilo Bambang Yudhoyono sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan negara berpenduduk 250 juta jiwa ini akan berakhir. Dua periode sudah SBY memimpin Indonesia. Pada waktunya nanti, siapakah yang akan naik ke tampuk pemerintahan menggantikan SBY?

Belajar dari masa lalu, sejarah mencatat masa Orde Lama, ketika Presiden Soekarno memimpin Indonesia selama 20 tahun. Presiden RI Pertama itu menjelma menjadi tokoh yang dikultuskan dan diangkat menjadi “Presiden Semur Hidup”. Peristiwa itu juga diulangi pada masa Orde Baru, ketika Presiden Soeharto memimpin Indonesia selama lebih dari tiga dekade. Saat itu, rakyat terbuai dan bertanya, “Memangnya ada yang pantas menggantikan Pak Harto?” Dari dua pengalaman sejarah tersebut, keduanya dikultuskan oleh rakyat Indonesia. Kepemimpinan “yang tidak tergantikan” tersebut malah berubah menjadi otoriter. Tapi, sejarah kemudian mencatat, kekuasaan mereka berakhir dengan pencabutan mandat rakyat yang dulu telah memilihnya.

Belajar dari sejarah di atas, bangsa ini, harus meyakini, tak akan pernah kehabisan orang-orang hebat yang pantas menjadi presiden. Sebagai warga negara yang kritis dan rasional, kita harus yakin bahwa sosok Soekarno, Soeharto, hingga Yudhoyono akan selalu ada yang menggantikan. Tunas-tunas baru pemimpin negeri akan lahir dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi Indonesia kelak.

Buku Petarung Politik: Profil Capres-Cawapres RI Potensial 2014 ini memunculkan putra-putri terbaik bangsa. Terlepas dari kontroversi yang ada, mereka berhasil meninggalkan jejak dalam sejarah modern Indonesia. Nama-nama yang tersebut dalam buku setebal 250 halaman ini mungkin akan bertarung untuk menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019. Sekali lagi, selamat membaca dan pilihlah sosok terbaik sesuai hati nurani. Suara Anda menentukan masa depan Republik Indonesia untuk lima tahun ke depan atau untuk selamanya. (suro prapanca/den)

Judul : Petarung Politik: Profil Capres-Cawapres RI Potensial 2014
ISBN : 978-602-241-729-3
Penulis : Tim Divaro, Sugha E dkk
Penerbit : Erlangga
Cetakan : 2014
Jenis Cover : Soft Cover
Tebal : 250 halaman
Dimensi : 14,5 x 21 cm Kategori : Profil Capres 2014


Bandung, 14 Maret 2014

No comments: