Friday, March 28, 2014

Resensi Buku: Kitab Epos MAHABHARATA

Versi Asli dan Eksklusif MAHABHARATA

MAHABHARATA, Sebuah karya sastra kuno yang ditulis oleh Begawan Byasa atau Vyasa atau Wiyasa dari India. Secara singkat, Mahabharata menceritakan kisah konflik para Pandawa lima dengan saudara sepupu mereka, sang seratus Korawa, mengenai sengketa hak pemerintahan tanah negara Hastinapura (Astina). Puncaknya adalah perang Bharatayuddha di medan Kurusetra yang pertempurannya berlangsung selama delapan belas hari.

Bukan sekadar sebuah epik! Ini adalah roman yang menceritakan laki-laki dan perempuan heroik serta beberapa tokoh luar biasa. Karya ini merupakan seni sastra dalam dirinya sendiri yang mengandung rahasia hidup, filsafat relasi sosial dan etik, serta pemikiran penting tentang masalah-masalah manusia yang sulit dicari padanannya.


Dengan membaca karya besar ini, kita akan tahu keagungan dan kedalaman jiwa manusia. Dan, kisah ini adalah rekaman pikiran serta semangat orang-orang yang lebih mementingkan kebaikan di atas kenikmatan dan kesenangan dunia, sekaligus yang melihat misteri kehidupan secara lebih mendalam.

Kita dapat mengatakan bahwa Mahabharata merupakan samudra luas dan dalam yang berisi permata dan mutiara berharga yang tidak terhitung jumlahnya. Bersama dengan Ramayana, buku ini merupakan sumber etika dan kebudayaan Timur yang tidak ada habis-habisnya.

C Rajagopalachari menyusun versi kisah Mahabharata ini dalam bentuk tertulis untuk kaum muda dan dalam epik orisinal. Sehingga, setelah menghayati dan meresapi epik klasik ini, pembaca akan menghadapi hidup dengan lebih berani, serta kehendak hati yang lebih kuat, dan pikiran yang lebih bersih. Buku ini tidak hanya sekadar kisah atau cerita pada umumnya, Mahabharata adalah rekaman pikiran dan semangat nenek moyang, yang lebih mementingkan kebaikan di atas kenikmatan dan kesenangan. Serta, melihat misteri kehidupan secara lebih mendalam di tengah upaya yang tidak ada habis-habisnya untuk mendapatkan hal-hal yang maya di dunia yang materialistis.

Rasanya pantas kita haturkan terima kasih pada mereka yang telah melestarikan epik yang sudah berusai berabad-abad ini, terlepas dari sekian banyak perubahan yang dialami bangsa pasca-zaman Wiyasa (hasil karyanya, Mahabharata) dan Walmiki (hasil karyanya, Ramayana). Berabad-abad yang lalu muncul ungkapan “Apa yang tidak ada dalam karya besar Mahabharata ini, tidak aka nada di mana pun.” Sekarang, setelah dua puluh abad, dapat dikatakan dengan ungkapan yang sama, “Siapa pun yang tidak mengenal karya besar Mahabharata ini, tidak tahu keagungan dan kedalaman jiwa manusia; ia telah meluputkan percobaan dan tragedi, serta keindahan dan keagungan hidup manusia.” Selamat membaca.

Judul : Kitab Epos MAHABHARATA
ISBN : 978-602-7640-50-4
Penulis : C. Rajagopalachari
Penerjemah : Yudhi Murtanto
Penerbit : IRCiSoD
Cetakan : Februari, 2013
Jenis Cover : Hard Cover
Tebal : 482 halaman
Dimensi : 16 x 24,5 cm
Kategori : Epos Klasik

Bandung, 22 Maret 2014
Dimuat juga di INILAH KORAN, Minggu 23 Maret 2014

1 comment:

surahmat eko said...

Teman,
Kalau saya ingin memesan buku ini bagaimana caranya?