Sunday, December 8, 2013

Resensi Buku: SEHAT DENGAN SHALAT

Resensi Buku: SEHAT DENGAN SHALAT
Resensi Buku: Sehat dengan Shalat
Judul Resensi Buku:
LAUTAN MANFAAT di Balik Kewajiban Salat  

(Resensi Buku: Sehat dengan Shalat) -- SEGALA puji hanya bagi Allah Swt yang telah memberikan ilham kepada kita berupa keindahan memperhambakan diri kepada-Nya, memberi karunia kepada kita dengan keagungan belas kasih-Nya. Dengan keagungan-Nya, Allah telah menundukkan apa pun yang diciptakan-Nya untuk kepentingan kita, dan menjadikan kita sebagai golongan makhluk yang dikhususkan untuk beribadah kepada-Nya. “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku. Sungguh Allah, Dialah Pemberi rezeki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kukuh.”—QS Al-Dzariyat [51]: 56-58.

Itulah mukadimah bahwa Allah telah memfardukan sebuah hubungan antara Sang Pencipta dan hamba yang diciptakan-Nya. Kefarduan itu adalah salat, ibadah yang dijadikan sebagai tiangnya agama. Salat yang memerintah kebajikan, mencegah keburukan, dan merupakan ibadah yang menyelamatkan. Allah telah memutuskan bahwa siapa pun yang mengikuti jalan yang lurus dengan berbuat ihsan, maka Dia akan memberi mereka pahala kebaikan dan tambahan kebaikan. Silakan simak terus resensi buku di Best-seller Books, selanjutnya segera miliki buku tersebut.


Dari ibadah salat ini, terungkap fakta-fakta ilmiah yang telah mencengangkan masyarakat modern. Fakta tersebut mengungkapkan bahwa salat tidak hanya bermanfaat bagi spiritual manusia semata, salat juga dapat menyehatkan tubuh manusia.

Dalam buku "Sehat dengan Shalat" karya Prof Dr Amir Saleh dan Dr Ahmed Saleh, PhD menjelaskan fungsi dan manfaat gerakan salat bagi kesehatan manusia dengan lugas dan tuntas. Dalam pelaksanaannya, gerakan wudu dan salat mampu menyehatkan tubuh apabila dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah Saw.

Manfaat salat yang diungkap dalam buku ini antara lain: Salat berperan aktif menurunkan tekanan darah dan mengobati penyakit lambung; Salat membantu penyembuhan diabetes dan pemulihan luka pada tubuh. Pada saat salat dengan khusyuk, aktivitas otak meningkat positif; Salat mencegah penyakit punggung, terutama untuk orang yang sudah salat sebelum usia 10 tahun; Wudu mencegah sel kanker kulit akibat sengatan matahari, terutama sinar ultraviolet.

Seorang Muslim sepertinya wajib memiliki buku ini agar semakin mudah dalam melaksanakan ibadah salat dengan khusyuk dan merasakan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Namun, semua fakta-fakta ilmiah manfaat salat bagi yang mendirikannya itu hanyalah bonus. Semestinya, yang tetap menjadi perhatian dan pemahaman bagi Muslim adalah bahwa salat merupakan kebutuhan (kewajiban yang harus Muslim jalankan sebagai tiangnya agama). Seperti yang diterangkan dalam QS An-Nisa’ [4]: 103, ”Maka dirikanlah salat, sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” Jadi, sudahkah Anda menjadikan salat sebagai kebutuhan? Selamat membaca. Resensi buku ini juga dimuat di harian Inilah Koran. (Peresensi Buku: Suro Prapanca)

Judul Buku : SEHAT DENGAN SHALAT
Penulis : Prof Dr Amir Saleh dan Dr Ahmed Saleh, PhD
Diterbitkan : Salamadani, PT Grafindo Media Pratama
Cetakan I : Oktober 2013
Jumlah Halaman : 300 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 17 x 19 cm
Kategori : Islam-Kesehatan

Suro Prapanca
Bandung, 22 November 2013
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 24 November 2013

No comments: