Thursday, December 5, 2013

Resensi Buku - SOMEBODY ASKED ME

Anda Bertanya, Ustaz Aceng Menjawab 

Memasuki zaman global seperti saat sekarang ini, kegiatan dakwah tidak mesti dengan bahasa lisan dan disampaikan di atas mimbar atau podium. Pola dakwah bit at-tadwin (dakwah melalui tulisan) juga bisa dilakukan guna memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (internet) dan jejaring sosial. Misalnya, dengan menerbitkan kitab-kitab, buku, majalah, internet, koran, dan tulisan-tulisan yang mengandung pesan dakwah sangat penting dan efektif. Berangkat dari situlah Ustaz Aceng Karimullah, menyampaikan dakwah model ini.

H Aceng Karimullah, menyusun buku SOMEBODY Asked ME ini dari kumpulan jawaban pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan melalui e-mail para jemaah majelis taklim Keluarga Muslim Trakindo Group. Ustaz yang mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 1987 ini berlatar belakang pendidikan pesantren tradisional di Garut dan Bandung (Jawa Barat) serta Jombang dan Kediri (Jawa Tengah).


Ustaz kelahiran Garut, 5 Juni 1953 ini memang sarat pengalaman beraktivitas di bidang keagamaan sejak zaman sebagai pelajar dan mahasiswa. Dia aktif di Pelajar Islam Indonesia (Bandung, 1964), kemudian di Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (Bandung, 1966), serta Himpunan Mahasiswa Islam (Bandung, 1973). Dan sampai sekarang aktif mengasuh kegiatan di pesantren, majelis taklim, serta kelompok bimbingan haji di Jakarta. Juga masih aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan keagamaan di rubrik “Konsultasi Agama” pada majalah Nuansa Persada. Juga, merupakan Ketua Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah di Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (masa bakti 2011-2016).

Dengan buku setebal 546 halaman yang diterbitkan oleh Madani Institute ini penulis mengajak pembaca menjadi pribadi yang saleh. Saleh dalam keluarga, saleh dalam pergaulan sosial, bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan beragama. Buku ini telah memberikan jawaban-jawaban praktis atas pertanyaan masyarakat seputar kegiatan keberagamaan.

Materi dakwah bit at-tadwin dalam buku ini tidak terbatas pada urusan habluminallah (beribadah kepada Allah), tapi juga mencakup hidup keseharian dalam bermasyarakat dan berkeluarga (habluminannas) sehingga tercapailah sebagai Muslim yang, “Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk mencari rida Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

Membaca buku ini menyadarkan kita bahwa tiada yang lebih penting dalam hidup ini daripada memahami ajaran-ajaran Allah dan Rasul-Nya. Ayat-ayat Alquran maupun hadis-hadis Nabi yang disampaikan penulis dalam menjawab semua pertanyaan jemaah menjadi solusi untuk segala permasalahan hidup, dan dapat dijadikan cermin bagi siapa pun yang membacanya. Mudah-mudahan buku ini mendatangkan manfaatnya, dalam rangka saling mengingatkan dalam hal kebenaran dan kesabaran.

Menyangkut dakwah bit-tadwim ini Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya tinta para ulama adalah lebih baik dari darahnya para syuhada." Subhanallah.

Judul : SOMEBODY ASKED ME
Penulis : Ustaz Aceng Karimullah
Diterbitkan : Madani Institute
Cetakan V : Juli 2013
Jumlah Halaman : 546 halaman
ISBN : 978-602-9255-44-7
Jenis Cover : Hard Cover
Dimensi : 14,5 x 20,5 cm
Kategori : Tanya-Jawab Agama Islam

Suro Prapanca
Bandung, 25 Oktober 2013
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 27 Oktober 2013

No comments: