Monday, August 5, 2013

Resensi Buku - FIQIH TRADISI: Cara Baru Memandang Tradisi Islam di Indonesia

Islam Tradisi atau Tradisi Islam? 

Dua hal menarik dalam ranah keislaman masyarakat Indonesia. Yaitu, Islam tradisi dan tradisi Islam. Apa itu? Pertama, Islam tradisi adalah Muslim yang menjalankan Islam berdasarkan ajaran Islam yang mereka peroleh di lingkungannya tanpa mau memahami dan berani bersikap kritis terhadap ajaran tersebut. Sehingga, mereka menganggap ajaran Islam yang telah ditradisikan itu adalah hal baku dan yang paling benar untuk diamalkan.

Kedua, tradisi Islam adalah sesuatu yang memiliki landasan kuat dalam ajaran Islam yang sudah mendarah daging dalam keseharian masyarakat Islam di Indonesia. Seperti, tradisi pulang kampung saat Lebaran, tradisi cium tangan terhadap orang tua dan para guru, dan tradisi-tradisi yang lain (yang akan Anda baca dalam buku ini).


Agama dan tradisi seperti dua sisi mata uang. Dua hal yang bisa bertolak belakang, tetapi tidak dapat dipisahkan. Ada tradisi yang memang sesuai dengan ajaran Islam, namun tidak sedikit yang ternyata bertentangan dengan aturan Islam, seperti perayaan nisfu Sya’ban dengan ritual mandi bersama di sungai dan ritual ziarah ke makam waliyullah dengan membawa sesajen dan membakar kemenyan.

Masih banyak umat Muslim yang belum memahami mana ritual yang wajib, mana yang sunnah, dan mana yang sesat. Hal ini menimbulkan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut. Seperti, apakah ritual malam nisfu Sya’ban yang diajarkan Rasulullah Saw? Sebenarnya bolehkah melaksanakan acara tahlilan? Apakah bayi yang belum diaqiqah akan “tergadai”? Bolehkan menyembelih seekor kambing saat mengaqiqahkan bayi laki-laki? Benarkah merayakan Maulid Nabi merupakan bukti kecintaan kepada Rasulullah Saw? Dan, mungkin pembaca juga memiliki pertanyaan-pertanyaan lain yang akan menemukan pencerahan dan pemahamannya setelah membaca buku karya penulis yang biasa disingkat ABAS ini.

ABAS atau Ustaz Ahmad Bisyri hadir menyuguhkan buku ini kepada masyarakat untuk menjawab aneka pertanyaan seputar ritual tradisi Islam seperti yang disebutkan di atas. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Salamadani ini akan memandu pembaca, agar tercerahkan dalam menghadapi berbagai permasalahan tradisi Islam yang masih diperdebatkan. Penulis berharap, dengan membaca buku ini, Anda akan mampu menyikapi berbagai ritual tradisi Islam dengan bijak dan benar sesuai ajaran Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Judul: FIQIH TRADISI: Cara Baru Memandang Tradisi Islam di Indonesia
Penulis: Ahmad Bisyri Syakur, Lc., M.A.
Diterbitkan: Penerbit Salamadani
Cetakan I : 2013
Jumlah Halaman : 262 halaman
ISBN : 978-602-7817-06-7
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 13 x 20 cm
Kategori : Agama Islam

Suro Prapanca
Bandung, 2 Agustus 2013
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 4 Agustus 2013

No comments: