Monday, August 5, 2013

Resensi Buku - BERAMAL ENTENG BERPAHALA DAHSYAT

Cerdas Beribadah, Berlipat Pahala 

Iman-Ilmu-Amal, bisa disebut trilogi keseimbangan ibadah, ketiganya harus senantiasa seiring. Kurang sempurna bila iman tanpa ilmu. Allah marah besar (Kaburo maqtan ‘indallah) bila beriman dan berilmu tanpa amal. Dan, akan percuma bila berilmu dan beramal tanpa iman.

Buku BERAMAL ENTENG BERPAHALA DAHSYAT: Cerdas Beribadah di Tengah Fluktuasi Iman ini bisa menjadi bahasan dan tema yang provokatif dan mengundang diskusi panjang. Ini menjadi harapan penulis, Ahmad Jameel, agar kelak umat Muslim tidak kekurangan bekal dalam menghadap Sang Khalik lantaran “kebodohan”, gara-gara kelalaian, ketidakmauan untuk belajar, atau perasaan cukup telah beribadah ritual dan beribadah sosial yang dilakukan.


Cerdas beramal/beribadah bukan berarti pilih-pilih mana amal ibadah yang mudah dikerjakan, tidak banyak ketentuan ini dan itu, tidak banyak menguras waktu, tenaga, pikiran, dan finansial. Bukan, bukan itu maksudnya. Cerdas beramal berarti beribadah maksimal sesuai syariat dengan kemampuan yang ada, namun mampu menambahnya dengan sederet ibadah yang kayaknya sangat enteng dikerjakan, tetapi berpahala luar biasa.

Penulis lebih menekankan lagi, bahwa cerdas beramal, sebenarnya berbicara tentang efektivitas dan efisiensi amalan. Efektif berarti bagaimana cara beribadah yang benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Yang mengandung konsekuensi, harus berangkat dari niat yang benar (karena Allah), prosesnya benar, serta hasilnya juga benar. Sedangkan efisien berarti usaha meraih pahala maksimal dalam keterbatasan waktu, jarangnya kesempatan, dan terbatasnya tenaga serta finansial.

Anda pasti ingin mengetahui mana dan bagaimana contohnya? Buku setebal 248 halaman yang diterbitkan oleh Syaamil Books ini jadi kado untuk beribadah dalam mengarungi kehidupan ini. Buku ini jadi media, untuk terus berusaha belajar dan belajar untuk kesempurnaan amal, dan terus mengoptimalkan potensi, kesempatan, dan kemampuan untuk memaksimalkan amal saleh kita.

Sekali lagi, bagaimana caranya? Baca dengan saksama buku ini, dari Bab 1 (yang berisi tentang pentingnya niat beribadah) sampai Bab 22 (kumpulan doa-doa pilihan yang bisa Anda amalkan). Selanjutnya usaha Anda untuk memahami bab demi bab yang penuh pembelajaran (pengkajian) untuk kemudian diamalkan dan dikembangkan.

Sependapat dengan ajakan penulis (Ustaz Ahmad Jameel), yaitu ajakan khususnya pada diri sendiri, kemudian pada keluarga, sahabat, jemaah, dan pembaca semua untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan ibadah wajib kita dengan pandai memanfaatkan waktu, mengoptimalkan ibadah dalam kondisi lapang maupun sempit dengan melaksanakan ibadah-ibadah yang pahalanya luar biasa.

Judul : BERAMAL ENTENG BERPAHALA DAHSYAT: Cerdas Beribadah di Tengah Fluktuasi Iman
ISBN : 978-979-055-487-0
Penulis : Ahmad Jameel
Editor : Sri al Hidayati
Penerbit : Syaamil Book
Cetakan : Juni 2013
Tebal : 248 halaman
Jenis Cover : Soft Cover
Dimensi : 13,5 x 20,5 cm
Kategori : Agama Islam/Inspiratif

Bandung, 26 Juli 2013
Suro Prapanca
Dimuat juga di INILAHKORAN, Minggu 28 Juli 2013

No comments: